alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

Air Sungai Meluap, 5 Wilayah di Bontang Terendam Banjir

Bontang, nomorsatukaltim.com – Air sungai Bontang meluap. Rumah-rumah warga di sepanjang bantaran sungai terendam air, Rabu (3/3/2021) siang. Luapan air sungai terjadi akibat hujan lebat semalaman di Kota Bontang dan hulu sungai.

Ketinggian air muka sungai pada siang pukul 14.15 Wita tadi mencapai 3 meter. Debit air ini cukup tinggi ketimbang hari-hari biasanya. Warga di RT 28, Kelurahan Api-Api, M Syukur mengaku air mulai merangsek ke rumahnya saat siang.

“Air sungainya meluap, masuk dari gorong-gorong terus ke parit,” ujar Syukur kepada wartawan.

Rumah beton miliknya terendam air setinggi lutut. Bangunan miliknya berdiri tak jauh dari bibir sungai. Rumahnya pun menjadi langganan terendam saat air meninggi.

Sementara itu, Komunitas Pemerhati Air Sungai (Kompas) memprediksi ketinggian air akan surut. Apabila hujan lebat di hulu sungai tak terjadi.

“Kalau tidak hujan lebat lagi akan surut, karena sekarang ini sedang tinggi-tingginya,” ujar tim pengelola Kompas.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang masih berada di lapangan memantau ketinggian air muka sungai. BPBD memetakan sudah 5 wilayah yang terendam air. Ke-5 wilayah tersebut berada di RT 25 Kelurahan Telihan, sebagian Kelurahan Kanaan, Gang Brokoli di Kelurahan Gunung Elai, Kampung Aren di Kelurahan Api-Api, dan jalan Imam Bonjol (Pisangan).

“Air pasang nanti jam 4 sore, kalau tidak ada hujan lebat kemungkinan air segera surut,” ungkap Kepala BPBD Bontang, Ahmad Yani. (wal/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply