alexa
  • disway ntt malang
  • ngopisore

132 Pesepakbola Balikpapan Ikuti Seleksi Timnas

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Ratusan pesepakbola belia Kota Balikpapan kini tengah merajut asa membela Timnas Indonesia. Mereka akan menjalani seleksi lokal terlebih dahulu. Sebelum kembali adu hebat dengan talenta luar daerah.

PSSI terus melakukan pembinaan berjenjang untuk mengisi slot timnas usia muda. Yang tentu dalam prosesnya tidak semudah membentuk Timnas U-23 dan senior yang tinggal comot dari klub profesional.

Untuk mendapat satu unit timnas muda. PSSI harus mengendus bakat-bakat dari setiap pelosok nusantara. Nah, dalam eksekusinya, Askot dan Asprov PSSI menjadi ujung tombaknya. Secara berkala. Karena Timnas U-16 dan U-19 harus terus disiapkan tiap generasinya.

Askot PSSI Balikpapan sendiri telah membuka seleksi mulai Rabu 3 Maret 2021. Di Lapangan Foni Balikpapan. Berlangsung hingga Minggu 7 Maret mendatang. Antusiasmenya cukup tinggi. Ada 132 pemain muda yang ikut seleksi lokal tersebut. 75 di antaranya mengikuti seleksi Timnas U-16. Dan 57 lainnya untuk Timnas U-19.

Sekretaris Umum Askot PSSI Balikpapan Warsito Hadi menjelaskan seleksi tersebut dipantau langsung oleh enam tim penilai yang dipimpin pelatih kawakan Eddy Simon Badawi.

“Nanti mereka yang menentukan siapa yang bisa berhak lolos. Setelah pemain lolos lanjut lagi seleksi tingkat provinsi. Tidak ada kuota berapa perwakilan masing-masing daerah. Akan dipilih yang memang punya potensi,” kata Warsito disela berlangsungnya seleksi.

Meski digelar di tengah pandemi, seleksi tetap memperhatikan protokol kesehatan. Saat penyerahan syarat administrasi, pemain mesti menyertakan hasil swab antigen. Selama berlangsungnya seleksi, pemain mesti menjaga jarak di luar lapangan.

“Kami harus mentaati aturan tersebut. Apalagi Balikpapan salah satu kota zona merah. Jadi protokol kesehatan harus dijalankan,” tegas Warsito.

Di sisi lain Warsito sangat berharap dari seleksi ini bisa menghasilkan pemain berbakat hingga memperkuat timnas baik U-16 maupun U-19. “Kami berharap ada yang lolos sampai masuk timnas. Karena pemain Balikpapan punya kualitas cukup baik,” harapnya.

Salah satu peserta seleksi, Muhammad Zaki Baridwan sangat berharap bisa masuk skuat Timnas U-19. Pemain asal SSB PHM itu ingin impiannya bisa terwujud.

“Posisi saya belakang. Semoga aja bisa lolos ke timnas, mohon doanya,” harapnya.

Seleksi tersebut juga membuka peluang pesepakbola Balikpapan untuk mengikuti jejak senior mereka. Seperti Bima Sakti dan Ponaryo Astaman yang cukup sukses menjadi andalan timnas. Keduanya merupakan pemain asal Balikpapan yang cukup membanggakan. Terbaru tentu masuknya Ibnul Mubarak di skuat Garuda Select yang saat ini menjalani TC di Inggris. (fdl/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply