Soal Pra Musim Liga 2, Vera Minta PSSI Jangan Mendadak

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Jika wacana turnamen pra musim untuk tim Liga 2 jadi direalisasikan. Pelatih Persiba Alfredo Vera meminta agar PSSI tidak mengumumkan jadwal mendekati turnamen.

Turnamen pra musim Piala Menpora dipastikan hanya diikuti klub Liga 1 saja. Itu setelah PSSI dan PT LIB membatalkan keikutsertaan PSMS Medan dan Sriwijaya FC di turnamen yang bakal digelar Maret mendatang itu.

Muncul wacana bahwa PT LIB juga tengah menggelar turnamen pra musim untuk klub Liga 2. Mengingat banyak suara dari klub yang menginginkan pra musim sebelum digelarnya liga domestik.

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengakui sejauh ini tengah menunggu proposal dari PT LIB terkait turnamen pra musim untuk Liga 2. Tentu turnamen pra musim juga perlu regulasi, penentuan jadwal, hingga pembagian grup.

“Untuk itu (turnamen pra musim untuk klub Liga 2), PSSI lagi tunggu konsep dan proposal dari LIB,” kata Yunus melalui pesan singkat.

Sementara itu Alfredo Vera sangat menyambut baik soal wacana tersebut. Hanya saja dia meminta PSSI tidak mendadak mengumumkannya. Maka dari itu, pelatih Persiba tersebut meminta kepastian jadwal dan venue. Walau hanya pra musim, tim tetap membutuhkan waktu persiapan.

“Ya harusnya segera ada jadwal yang jelas, karena kita juga butuh persiapan. Tim mesti dikumpulkan,” ujar pelatih berdarah Argentina ini.

Adapun waktu persiapan yang ideal bagi Vera yakni 20 hari sudah lebih dari cukup. Hal itu lantaran semua pemain sudah punya chemistry satu sama lain. Andai memang memakai skuat yang sama seperti musim lalu. Waktu persiapan yang terlalu mepet justru bisa merugikan tim. Pemain  bisa saja berisiko cedera.

“Kalau terlalu singkat persiapan pemain beresiko lebih besar cedera. Apalagi mereka sudah lama tidak latihan intensif,” tambah eks juru taktik Persebaya itu.

Meski perlahan kompetisi mulai menemui kejelasan, Vera mengaku saat ini belum ada sodoran kontrak dari manajemen Persiba. Namun dia tetap santai menanggapinya. Dirinya bersama Persiba sudah berkomitmen untuk bersama kembali menyambut musim 2021. Termasuk pemain.

“Saya juga masih bersedia untuk kembali melatih Persiba. Sesuai komitmen dengan Pak Gede,” tegasnya.(fdl/ava)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply