SOA Aman

Yansen: Itu Kepentingan Masyarakat

TANJUNG SELOR, DISWAY – Program subsidi ongkos angkut (SOA) barang ke pedalaman dan perbatasan, yang dialokasikan melalui APBD Kaltara sejak beberapa tahun belakangan, dipastikan terus berlanjut pada tahun ini.

Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Kaltara Yansen Tipa Padan. Karena menurutnya, program SOA barang tersebut sangat prioritas. Karena menyentuh langsung ke masyarakat di perbatasan dan pedalaman.

Melalui program tersebut, diakui Yansen telah membantu masyarakat di perbatasan dan pedalaman seperti di Nunukan dan Malinau, untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga yang tidak mahal. Karena biaya transportasi disubsidi pemerintah daerah.

“Kalau sudah ada dananya, silakan lanjut, dijalankan, jangan ditunda. Karena itu kepentingan masyarakat. Dan, (SOA barang, Red) ini sangat prioritas,” kata Yansen, Selasa (23/2).

Mantan Bupati Malinau ini juga menegaskan, program pemerintahan sebelumnya yang untuk kepentingan masyarakat, tetap dilanjutkan. “Tetapi kalau yang tidak prioritas, bisa ditunda dulu, dan diganti program yang kami miliki,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Yansen, kepala-kepala organisasi perangkat daerah (OPD) harus bisa menelaah soal kebijakan gubernur menghentikan proses pengadaan barang/jasa. Ditegaskannya, dalam surat edaran gubernur itu, sudah jelas bahwa penghentian proses pengadaan barang dan jasa, sebagai upaya evaluasi kegiatan atau program yang akan dilaksanakan. Memilah mana yang prioritas dan tidak.

Kepala OPD pun, kata Yansen, harus benar-benar bijak dan teliti. Untuk memutuskan kegiatan mana yang prioritas, atau tidak sejalan dengan visi dan misi dirinya bersama Gubernur Zainal Arifin Paliwang. Sedangkan SOA barang, diakuinya sesuai dengan visi dan misi. Yakni menghadirkan pemerintah di tengah masyarakat.

Ia juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan program SOA barang akan diperluas jangkauannya. Berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten. Sehingga, penerima manfaatnya lebih banyak.

Direncanakan, SOA akan menjangkau 16 kecamatan di Malinau dan Nunukan. Di Malinau, yakni Kecamatan Kayan Selatan, Kecamatan Bahau Hulu, Kecamatan Kayan Hilir, Kecamatan Pujungan, dan Kecamatan Kayan Hulu. Sementara di Nunukan, yakni Kecamatan Krayan, Kecamatan Krayan Barat, Kecamatan Krayan Timur, Kecamatan Krayan Tengah, Kecamatan Krayan Selatan, Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Lumbis Pensiangan, Kecamatan Lumbis Hulu, Kecamatan Nunukan, Kecamatan Seimenggaris, dan Kecamatan Tulin Onsoi. *

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply