Pendaftaran Vaksin di Kukar untuk Umum Sudah Dibuka, Ini Link Pendaftarannya

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara Kukar) mulai ancang-ancang. Membuka pendaftaran vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum.

Prosesnya pun sudah dimulai. Masyarakat pun sudah bisa mendaftar. Baik secara online maupun offline. Pemkab Kukar melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara pun menyiapkan formulir secara online tersebut. Sehingga lebih memudahkan.

“Target ya kalau bisa secepatnya, hingga akhir bulan Maret,” ujar Kepala Diskes Kutai Kartanegara Martina Yulianti pada Disway Kaltim, Selasa (23/2/2021).

Dengan adanya proses pendaftaran ini, Martina mengharapkan masyarakat bisa segera mendaftarkan dirinya. Baik yang belum pernah terkonfirmasi positif COVID-19 maupun yang sudah sembuh dari COVID-19. Tapi dengan catatan. Minimal menerima vaksin setelah melewati tiga bulan pasca kesembuhan. Atau dinyatakan negatif COVID-19.

Pendaftaran pun dapat dilakukan melalui formulir pendaftaran berbasis online. Yakni melalui link: https://forms.gle/irmGGPhTwgxjtSdD7

Untuk memastikan masyarakat Kukar bisa terdata seluruhnya, wanita yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD AM Parikesit Kukar ini menjelaskan. Diskes bakal lakukan jemput bola.

Menugaskan seluruh elemen masyarakat ditingkat kecamatan.  Baik itu Muspika, diantaranya Camat, Polsek, dan Koramil. Bahkan bisa juga hingga ke tingkat pemerintahan desa.

“Nah temen-temen di kecamatan, akan mulai sosialisasikan di masyarakat pekan depan,” lanjut Martina.

Terkait jenis vaksin pun dikatakan Martina, sama seperti yang digunakan dengan yang disuntikkan beberapa waktu yang lalu. Kepada nakes maupun beberapa tokoh kemarin. Yakni jenis Sinovac dari Tiongkok. Dosisnya pun sama tiap orang. Dengan dua kali tahap penyuntikan. Dengan total dosis 1mL tiap penerima vaksin.

Beberapa waktu lalu Martina juga menjelaskan, jika berdasarkan uji klinis yang dilakukan para peneliti. Khusus untuk vaksin jenis Sinovac yang sudah disuntikkan ini, memiliki tingkat efikesi sebesar 65 persen. Dengan artian 65 persen orang yang sudah divaksin jenis ini, tidak tertular lagi. 35 persennya masih bisa tertular.

Diketahui, hingga saat ini Kutai Kartanegara sudah menerima vaksin dari pemerintah pusat mencapai 10.632 dosis. Yakni 7.040 dosis pada termin pertama dan 3.592 dosis pada termin kedua. Dan ini seluruhnya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan jumlah vaksinasi yang diberikan kepada nakes di 18 kecamatan se-Kukar. (mrf/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply