Pembukaan MTQ ke-XIV PPU, Plt Sekda: Kontes Kecantikan Boleh Masa MTQ Tidak

PPU, nomorsatukaltim.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XIV tingkat PPU 2021 terselenggara. Bertempat di Masjid Agung Al-Ikhlas PPU, Senin, (22/2/2021).

Plt Sekeretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Muliadi yang membukanya secara resmi. Sekaligus melantik Dewan Hakim. Dalam kesempatan itu ia menuturkan peran gelaran ini sangat penting. Apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini.

Menurutnya Musabaqah Tilawatil Quran bukan hanya sekedar rutinitas tahunan semata. Namun lebih pada momentum pelaksanaan pembangunan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehibupan sehari-hari.

“Kita percaya Musabaqah Tilawatil Quran dapat meningkatkan ukhuah Islamiah, persatuan dan kesatuan antar umat beragama serta mempertemukan masyarakat dari 4 kecamatan di Kabupaten PPU,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat dijadikan wahana membentengi umat Islam di Benuo Taka. Khususnya dari gerakan radikal yang santer belakangan di Indonesia.

Adapun karena pandemi COVID-19, gelaran MTQ sempat tertunda dua tahun. Tapi karena situasi yang mulai membaik, ia meminta agar MTQ kembali bisa dilaksanakan rutin.

“Kalau kontes kecantikan saja bisa dilaksanakan setiap tahun mengapa MTQ tidak, hal ini tolong disampaikan langsung ke forum Nasional pada penyelenggaraan MTQ pada tahun ini, sungguh sangat keliru apabila pelaksanaan MTQ ini hanya dipahami sebagai kegiatan syi’ar agama saja,” jelasnya.

Karena makna dan nilai-nilai kemaslahatan, selalu terbangun dalam seiring adanya kegiatan.

Lebih lanjut, Muliadi menegaskan PPU memiliki potensi tilawah yang baik. Oleh karena itu, ia meminta pada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an untuk konsisten dalam menggalinya.

“Semoga keikutsertaan para kafilah dapat membawa manfaat dan maslahat tidak hanya bagi pribadi saja, tetapi juga masyarakat luas yang ada di PPU,” pungkasnya. (rsy/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply