Kantor Kemenag Mahulu Salurkan Alat Prokes dari Cabor E-Sport

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Kantor Kementarian Agama (Kemenag) Mahulu menyalurkan bantuan alat protokol kesehatan dan alat pelindung diri (APD) COVID-19 kepada 22 rumah ibadah dan ormas keagamaan.

Kepala Kantor Kemenag Mahulu, Longginus menjelaskan, bantuan alat prokesd dan APD dimasa pandemi itu awalnya diserahkan oleh Cabang Olahraga (Cabor) E-sport Kabupaten Mahulu.

“Merupakan bantuan dari Cabor E-sport Mahulu. Diserahkan oleh Bendahara E-sport Mahulu, Kelawing Bayau Julaiha dan rekan. Meminta kami untuk membantu memfasilitasi penyalurannya ke rumah-rumah ibadah keagamaan di Mahulu,” jelasnya kepada nomorsatukaltim di Ujoh Bilang, Senin (22/2/2021).

Longginus mengungkapkan, untuk gereja-gereja sudah disalurkan terdahulu. Sehingga pada Senin 22 Februari, bantuan alat kesehatan dan APD COVID-19 itu akan disalurkan ke sejumlah masjid di Mahulu.

“Untuk rumah ibadah di kecamatan Long Bagun hampir semua sudah disalurkan. Yang segera disalurkan yaitu masjid di Kecamatan Laham, Long Hubung, dan Long Pahangai. Sebagian Kecamatan Long Apari sudah disalurkan,” urainya.

Sebenarnya awalnya Cabor E-sport Mahulu meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyalurkan alkes tersebut bagi rumah ibadah masjid di Mahulu. Namun terkendala biaya operasional, maka diminta bantuan Kantor Kemenag yang menyalurkannya.

“Kantor Kemenag Mahulu siap menyalurkannnya. Tetapi masih memantau terkait kebijakan Pemkab dalam pembatasan pelaku perjalanan mengantisipasi pandemi COVID-19,” ucapnya.

Alat Prokes yang disalurkan oleh Cabor E-sport Mahulu meliputi Handsanitizer, vitamin C, Herbal, Masker kain, Tanki disinfektan, serta tablet disinfektan. Jumlahnya ratusan pcs, box, unit dan paket. Dikonfirmasi terpisah, Bendahara Cabor E-sport Kabupaten Mahulu, Kelawing Bayau Julaihi mengakui jika bantuan alkes tersebut dapat sampai keseluruh rumah ibadah, maka berharap agar mata rantai pandemi COVID-19 di Mahulu dapat diputuskan.

“Alat prokes berupa masker, handsanitizer dan sejumlah APD lainnya kami bagikan ke berbagai instansi di Mahulu. Salah satunya Kantor Kemenag Mahulu. Diharapkan membantu masyarakat dalam mengantisipasi COVID-19,” jelas Julaiha.

Perlu diketahui, dalam kurun sebulan terakhir, Cabor E-sport Mahulu telah cukup banyak menyalurkan bantuan kesejumlah instansi di Mahulu. Yakni berupa bantuan alat prokes. Diantaranya kepada Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Diskes P2KB) serta Kantor Kemenag Wilayah Mahulu.

“Saya berharap agar bantuan alat prokes itu bisa bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga pandemi COVID-19 dapat segera hilang dan berakhir di Mahulu,” tandasnya Kelawing Bayau Julaiha.(imy/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply