Alhamdulillah, Jamaah Haji Pertama di Mahulu Akan Diberangkatkan Tahun Ini

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Enam jamaah haji asal Mahulu akan diberangkatkan tahun ini. Momen ini termasuk spesial. Sebab, jamaah tersebut merupakan yang pertama di Mahakam Ulu.

Kepala Kantor Kemenag Wilayah Mahulu, Longginus mengatakan. Terkait urusan haji dan umrah, juga sudah lama pendaftarannya.  Tahun ini, jika tak ada aral melintang, Kantor Kemenag Mahulu untuk pertama kali dalam sejarah akan memberangkatkan bakal calon jamaah haji (calhaj).

Hingga saat ini jumlah masyarakat muslim yang sudah mendaftar dan berminat untuk melaksanakan ibadah haji di Mahulu ada 44 orang. Memang masih minim pendaftar. Namun berbanding dengan jumlah penduduknya.

“Sehingga lebih mudah, karena mendaftar tahun ini (2021), maka pada 8 tahun kedepan sudah bisa berangkat berhaji,” jelasnya kepada nomorsatukaltim di Ujoh Bilang, Senin (22/2/2021).

Pada 2021 ini diketahui bahwa ada enam orang bakal calhaj yang akan berangkat beribadah haji ke Mekah.

“Namun satu orang tidak melunasi Ongkos Naik Haji (ONH), dan menunda pelunasannya tahun depan. Sehingga totalnya ada 5 orang bakal jamaah calhaj yang akan berangkat tahun ini,” urai Longginus.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Islam, Bimas Islam dan PHU Kantor Kemenag Wilayah Mahulu, Djuni, membeber jadwal keberangkatan bakal calhaj itu. Kemenag masih menunggu informasi resmi dari Kemenag Provinsi Kaltim dan Pusat. Karena saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

“Rencana keberangkatan dari Indonesia ke Mekah pada Juni mendatang. Mudah-mudahan dari Arab Saudi memberikan izin bakal calhaj Indonesia berhaji tahun ini,” beber Djuni.

Untuk diketahui, 6 bakal calhaj tersebut mendaftar pada 2011 silam. Itu adalah data yang ditarik Kantor Kemenag Mahulu dari Kantor Kemenag Kutai Barat.

“Jadi sudah 11 tahun lalu mendaftar ,” urainya.

Sebenarnya minat umat muslim untuk mendaftar menjadi bakal calhaj sangat tinggi. Hal itu diketahui setelah ada Kantor Kemenag sejak 3 tahun lalu. Bahkan sempat Kemenag diminta memfasilitasi keberangkatan kelompok Wali Songo sebanyak 25 orang sekaligus untuk berhaji.

“Namun sesuai kuota setiap tahun dari pusat hanya 6 orang, maka petunjuk itulah yang diikuti oleh Kantor Kemenag. Dan sesuai dengan masa tahun sejak mendaftar,” tandasnya. (imy/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply