Isuzu Fokus Segmen Kendaraan Komersial, Perkuat Layanan Purna Jual

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) fokus meningkatkan penjualan kendaraan komersil. Langkah itu ditopang dengan menitikberatkan pada peningkatan aftersales service dan penjualan sparepart.

Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril mengatakan, target market share yang ingin dicapai tahun ini sebesar 25 persen untuk Isuzu Elf, 14 persen Isuzu Giga dan 35 persen untuk Isuzu Traga.

“Tahun 2020 market share berhasil mencapai 3,1 persen. Angka itu naik dari sebelumnya 2,4 persen di tahun 2019,” ucap Attias Asril, Senin (22/2) kemarin.

Penjualan terbanyak tahun lalu masih dipegang Isuzu Elf dengan 8.596 unit. Disusul Isuzu Traga sebanyak 6.660 unit. Kata Attias, pandemi memberikan dampak penurunan pada kendaraan komersial.

Melihat itu, maka pihaknya bertahan dengan cara customer mapping dan re-segmented. Yaitu fokus pada segmen yang masih berkembang dengan tidak meninggalkan customer lama. “Peningkatan layanan purna jual juga dilakukan. Terutama di Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), kami yang mendatangi,” ujarnya.

Menurutnya, upaya jemput bola servis lewat layanan BIB ini akan terus ditingkatkan tahun ini. Sebab, dengan cara itu, konsumen tak perlu kehilangan waktu mendatangi bengkel untuk melakukan servis. Bagi pelanggan hal tersebut jelas lebih efisien dan efektif.

Sebab, kendaraan komersial, tuturnya, biasanya memiliki jadwal jalan sangat padat. Sehingga, terkadang pelanggan sulit mencari waktu untuk sekadar servis rutin.

Karena itu, dengan BIB, maka teknisi Isuzu mendatangi konsumen untuk melakukan servis. Bahkan, di sela-sela waktu menunggu antrean untuk mengisi muatan, bisa dilakukan servis rutin.

“Tak hanya itu, kita juga pernah melakukan servis di jalan tol dan di tengah hutan terhadap mobil konsumen yang memang membutuhkan servis. Itulah mengapa pada tahun 2020 lalu, pelayanan BIB tumbuh 25-30 persen. Ternyata setelah kita proaktif mendatangi konsumen, kita mendapatkan sambutan yang sangat positif,” tandasnya.

Ia menambahkan, saat ini ada sekitar 139 unit BIB yang siap melayani konsumen. Selain BIB, tahun ini Isuzu juga akan memperkuat jaringan bengkel mitra. Ini dilakukan untuk mempersempit jarak jangkauan pelayanan. Agar konsumen mendapatkan pelayanan lebih cepat.

Saat ini terdapat 45 bengkel mitra Isuzu yang tersebar di sejumlah tempat. Berdasarkan data Gaikindo, realisasi penjualan otomotif pada 2020 tercatat sebesar 578.306 unit dari target 600.000 unit.

Jumlah tersebut turun 44,6 persen dibanding 2019. Khusus segmen komersial untuk penjualan retail pada 2020 lalu terjadi penurunan sebesar 37,8 persen.

Kendati demikian, Isuzu mencatat penurunan lebih kecil dari yang dibukukan sektor komersial yakni 29,5 persen. Bahkan, untuk produk Isuzu Traga malah mencatat kenaikan pangsa pasar dari 15,8 persen atau 6.151 unit pada 2019 menjadi 27,1 persen atau 6.660 unit tahun lalu. Yang artinya, mengalami pertumbuhan year to date sebesar 8,3 persen. (fey/eny)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply