Ditlantas Polda Kaltim Gencar Ingatkan Prokes di Jalan

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Masker sudah jadi kebutuhan primer di masa pandemi. Penerapan 5M, salah satunya memakai masker harus diterapkan di mana saja. Termasuk di jalan dan saat berkendara. Untuk itu, Ditlantas Polda Kaltim gencar menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) tersebut dan turut membagikan masker kepada pengguna jalan.

Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata mengimbau agar menjadikan prokes sebagai kebutuhan atau kewajiban. Sehingga penerapan 5M di tengah masyarakat, bukan lagi hal aneh. Selain itu penerapan 5M ini disebutnya salah satu langkah untuk mencegah penularan COVID-19 di jalan.

“Kita petugas kepolisian, TNI, dan instansi terkait selalu mengingatkan dan mengajak masyarakat. Jadi jadikan ini sebagai kewajiban, dan kebutuhan. 5M itu adalah kebutuhan kita untuk menghadapi COVID-19 ini. Tidak ada jalan lain,” katanya.

Nantinya seluruh jajaran Ditlantas Polda Kaltim akan turun langsung ke jalan untuk membagikan masker-masker kepada para sopir kendaraan transportasi darat. Bahkan juga kepada penumpangnya. “Kita mau semua pengguna transportasi darat ataupun pengguna kendaraan harus atau wajib menggunakan masker,” tegasnya.

Sebagai langkah awal, pihaknya telah membagikan masker kepada para petugas kebersihan di area parkir kantor Samsat Induk Balikpapan, Senin (22/2/2021) pukul 14.00 Wita. Tukang sapu jalanan yang menerima masker ini berjumlah lima orang yang masih mengenakan seragam khas mereka. Pembagian masker ini langsung oleh Dirlantas Polda Kaltim.

Salah satu petugas kebersihan, Hikmawati merasa bersyukur mendapatkan masker secara cuma-cuma. Sebab, dia mengaku khawatir dengan penularan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok tersebut. “Khawatir sekali. Tapi mau gimana lagi, sudah risiko. Makanya saya pakai terus masker pas kerja,” ujar Hikmawati.

Kata Kombes Pol Singgamata, pembagian masker ini merupakan kegiatan lanjutan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya di Balikpapan. “Saat ini kita akan membagikan lebih dari 32.500 masker. Tadi kita lihat, kita sampaikan pada para pekerja, petugas kebersihan,” ujarnya.

Pembagian masker ini akan terus berlanjut tiap harinya. Dan tidak hanya di Balikpapan saja, melainkan juga seluruh Kaltim. Selain itu juga masker akan diberikan kepada seluruh pengguna jalan. “Nanti juga orang-orang yang kita temui, para pengguna jalan (diberi masker). Pokoknya nanti masyarakat yang ada beraktivitas di jalan, kita bagikan,” jelasnya. (bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply