Belum Dilantik, RPJMD Tetap Digodok

Kutim, Nomorsatukaltim.com – Pemenang Pilkada Kutim sudah ditetapkan. Yakni Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bulang. Meski belum dilantik, pasangan ini tetap menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutim.

Bupati Kutim terpilih, Ardiansyah Sulaiman mengungkapkan, dirinya memang tidak memasang target dalam 100 hari kerja nantinya. Ia menilai jika proses pembangunan itu merupakan kewajiban pemkab. Maka sudah pasti hal itu akan dilakukan. “Maka kami hanya fokus pada prosesnya. Mulai dari rencana besarnya hingga diturunkan jadi program di lapangan,” ucap Ardiansyah.

Maka dari itu, ia memastikan. Jika dalam waktu dekat ini RPJMD Kutim akan digodok. Dari menyesuaikan visi-misi menjadi program prioritas. Hingga nantinya dijabarkan per tahun melalui mekanisme Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). “Makanya harus disiapkan perencanaan pembangunan ini. Agar memiliki koridor yang jelas,” tuturnya.

Selain itu, ia juga akan coba berkoordinasi dengan berbagai instansi. Baik legislatif maupun yudikatif terkait RPJMD ini. Sebagai bentuk sinergitas pemerintahan. Juga mencari masukan untuk membuat pembangunan Kutim bisa tepat sasaran. “Tentu berbagai pihak akan dilibatkan. Terutama pemerintah dan DPRD, pasti berkepentingan dengan RPJMD,” sebutnya.

Walaupun masing-masing instansi memiliki fungsi dan perannya sendiri. Tetapi, perencanaan pembangunan ini pasti memiliki kaitan dengan berbagai pihak. Oleh karena itu ia ingin menyiapkan desain besar pembangunan tersebut lebih cepat. “Banyak hal yang tentu jadi perhatian. Tetapi tentu ada program prioritas. Ini yang harus disusun dulu. Dalam waktu dekat harus bisa disiapkan,” tandasnya. (bct/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply