Muatan Berlebih, Dermaga di Sungai Sangatta Tenggelam

Kutim,nomorsatukaltim.com – Warga Jalan Pusaka, Desa Sangatta Utara, Kutim dibuat heboh pada Senin (22/2/2021) siang. Pasalnya, ada motor tercebur ke Sungai Sangatta saat hendak menyeberang. Karena banyak yang menonton, dermaga penyeberangan tradisional justru ikut tenggelam. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Akbar (23) melihat jelas kejadian tersebut. Lantaran ia yang menjadi motoris kapal yang hendak merapat ke dermaga tersebut. Tapi belum lagi sampai di dermaga tujuan, seorang lelaki bersama anaknya tercebur ke sungai.

“Katanya, si ayah sedang menelpon. Sementara motor masih menyala, anaknya menarik tuas gas. Hingga akhirnya tercebur,” ucap Akbar.

Setelah menyelamatkan anaknya dan berhasil naik ke darat. Warga banyak yang membantu. Mengangkat motor yang sudah berada di dasar sungai. Akbar pun ikut menolong, usai sandar di dermaga lainnya.

“Setelah berhasil mengangkat motor. Warga semakin ramai di dermaga. Karena lebih beban berlebih, dermaga juga ikut tenggelam,” paparnya.

Bahkan motor metik jenis Vario itu sempat tercebur lagi karena dermaga yang tenggelam. Namun warga lebih sigap membantu. Hingga motor tak lagi masuk hingga dasar sungai. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 13.00 siang.

Kenapa dermaga bisa tenggelam? Rupanya dermaga tersebut hanya terbuat dari perahu yang disusun. Kemudian diberi papan berjejer. Perekatnya hanya paku dan baut saja. Sehingga ketika beban yang diterima berlebih membuat perahu dimasuki air. Hingga tenggelam perlahan.

“Ya karena hanya dari perahu. Karena banyak orang yang menonton, akhirnya bikin tenggelam dermaga,” sebut Akbar.

Hingga berita ini dibuat, proses mengangkat dermaga ini masih berlangsung. Kurang tersedianya alat berupa katrol yang memadai jadi kendala. Kemungkinan cara yang dipakai dengan membongkar dermaga terlebih dahulu. (bct/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply