Gelandang Persiba: Tak Ikut Pra Musim 2021 Bukan Masalah

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Gelandang Persiba (non kontrak) Yusuf Efendi bilang. Turnamen pra musim memang bagus bagi tim dan pemain. Sebagai ajang pemanasan. Tapi jika tak terlibat pun, bukan sebuah perkara besar. Karena pra musim tak lebih dari sebuah laga uji coba yang dibalut dalam kejuaraan saja.

Di Piala Menpora yang diplot sebagai ajang pra musim itu. Persiba Balikpapan dipastikan tak akan terlibat. Karena dari Liga 2, hanya dua klub yang diikutkan. Yakni Sriwijaya FC dan PSMS Medan. Menemani 18 klub Liga 1 lainnya.

Persiba memang sudah lama tidak mengikuti ajang pra musim. Yang memang slotnya terbatas dan ditentukan. Terakhir kali Beruang Madu turun di turnamen pra musim adalah di Piala Presiden 2017. Yang sekaligus jadi tahun di mana mereka terdegradasi ke Liga 2. Di Piala Presiden itu, Persiba hanya mentok sampai fase grup saja.

Yusuf Efendi mengaku tidak masalah Persiba absen di pra musim. Ia menilai ajang pra musim bukan sebuah penilaian kualitas tim secara mutlak. Mengingat cukup sering tim yang berprestasi di pra musim. Malah pontang-panting di kompetisi sesungguhnya.

“Kalau bisa ikut memang bagus, bisa jadi pemanasan karena kan kita sudah lama tidak bertanding. Tapi kalau tidak bisa ambil bagian tak jadi masalah,” kata Yusuf.

Memang jika berkaca pada turnamen Piala Presiden 2017 misalnya. Finalis Arema FC dan Borneo FC justru jauh dari harapan pada Liga 1. Arema yang saat itu juara di Piala Presiden malah finis di peringkat kesembilan klasemen akhir. Sedangkan Borneo FC berada satu strip di atas Singo Edan.

Setahun kemudian di turnamen yang sama Persija Jakarta keluar sebagai juara Piala Presiden 2018 setelah menang atas Bali United.

Tapi bedanya, keberuntungan Macan Kemayoran berlanjut di Liga 1. Karena sukses merengkuh trofi. Sedangkan Bali United finis di posisi 8 klasemen akhir. Sementara Piala Presiden 2019, Arema FC keluar sebagai juara. Tapi di liga domestik mereka hanya bisa finis di peringkat sembilan.

Karena itu, Yusuf bilang kalau pemain Persiba tak perlu gundah karena tak ikut Piala Menpora. Lebih penting mereka memiliki komitmen kuat untuk menjaga kondisi fisik masing-masing. Sehingga ketika kembali ke tim. Di mana Persiba sudah menggaransi akan mengontrak seluruh skuat tahun lalu. Pemain tetap berada dalam kondisi bagus seperti sebelum diliburkan.

“Yang penting sekarang jaga kondisi, jadi sewaktu waktu persiapan pemain dalam kondisi bagus,” ujar pemain asal Banyuwangi itu.

Sementara ini Yusuf masih menunggu panggilan manajemen. Liga 2 pun belum secara pasti bisa digelar 26 Juni mendatang. Dia hanya bisa menunggu kabar baik dari manajemen terkait persiapan tim. (fdl/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply