Satgas Pamtas RI-Mly Bergerak di Perbatasan Mahulu Hingga Malinau

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Yonif 614 Rajapandhita, Kodam VI/Mulawarman, Poskotis Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), tak hanya bergerak di Mahulu.

Komandan Satgas Pamtas RI-Mly Yonif 614/Rjp Poskotis Long Bagun, Mayor Indar Irawan mengatakan, pihaknya juga melakukan penjagaan hingga perbatasan RI-Mly diwilayah Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).
“Satgas Pamtas terus bersama membantu masyarakat dikawasan perbatasan NKRI-Malaysia dalam hal apapun. Utama menguatkan kebersamaan (Manunggal) TNI dengan rakyat,” ungkapnya kepada nomorsatukaltim di Long Bagun, Kamis (18/2/2021).

Kemanunggalan TNI-Rakyat ditunjukkan oleh anggota Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 614/Rjp, Pos Long Jeled, Kecamatan Long Pujungan, Kabupaten Malinau, tergabung dalam SSK-2 dipimpin Letda Inf Syahrudin.

Bersama masyarakat Desa Long Jeled melaksanakan pengecekan dan perawatan bangunan PLTA Desa Long Jeled. Kegiatan itu dilakukan rutin.
“Mengantisipasi permasalahan baik pada turbin maupun sarana bendungannya. Dilaksanakan bersama masyarakat. Menjadi kewajiban TNI membantu masyarakat dimanapun bertugas,” ungkap Letda Inf Syahrudin.

Dia menyebut, PLTA tersebut merupakan fasilitas vital di Desa Long Jeled yang berada diperbatasan RI-Mly. Merupakan satu-satunya pembangkit listrik milik warga perbatasan yang bisa dimanfaatkan masyarakat.
“Kegiatan itu salah satu aplikasi dan penerapan Doktrin 8 TNI, poin 8 yaitu TNI menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Penanggungjawab Bangunan PLTA Desa Long Jeled, Markus (48) mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan dan partisipasi anggota Pamtas dalam membantu masyarakat memelihara PLTA itu.
“PLTA itu sangat membantu. Masyarakat bisa menikmati penerangan listrik, anak-anak bisa belajar dengan lampu listrik, juga kami bisa tahu perkembangan dan informasi dunia melalui televisi,” tuturnya.(imy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply