Pesawat Lion Air Tujuan Surabaya Gagal Terbang dari Bandara SAMS Balikpapan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pesawat Lion Air Boeing 737-900ER dengan rute Balikpapan-Surabaya, gagal terbang lantaran mengalami masalah pada mesin, Minggu (21/2/2021) pukul 14.40 Wita. Bahkan pesawat tersebut sampai berada di posisi paling ujung runway Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan.

Namun setelah kejadian tersebut, badan pesawat langsung dievakuasi oleh pihak Bandara SAMS ke parkiran pesawat atau apron Lion Air.

Salah seorang pekerja di Bandara SAMS Balikpapan, Muhammad mengatakan, saat itu dirinya sedang berada di areal runway. Dan seketika itu mendengar adanya suara gaduh disertai mobil pemadam yang menuju ke ujung runway bandara.

“Tadi itu pas saya nyapu, pesawat take off. Terus tiba-tiba terdengar suara nyaring, bang. Pesawat tiba-tiba berhenti di ujung runway. Tapi sekarang sudah ditarik ke parkiran, bang,” ujarnya.

Namun, Muhammad tidak mengetahui apa penyebab dari gagal terbangnya pesawat tersebut.

“Enggak tahu bang. Mungkin bisa langsung ke AP (Angkasa Pural 1 atau Lion Air-nya aja,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Angkasa Pura 1 Balikpapan, memang benar telah terjadi masalah pada salah satu penerbangan pesawat Lion Air sekitar pukul 14.40 Wita tersebut. Namun tidak sampai mengganggu jadwal penerbangan pada keseluruhannya.

Stakeholder Relation Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Retnowati mengatakan, usai kejadian tersebut seluruh penumpang dan awak pesawat tidak ada yang mengalami luka serius. Dan seluruhnya dinyatakan dalam keadaan baik-baik saja.

“Penumpangnya sekarang di ruang tunggu, dan akan diberangkatkan dengan pesawat Lion Air lainnya,” ujarnya.

Lanjut Retnowati, pihak AP1 pun hingga saat ini masih belum dapat memastikan apa penyebab gagal terbangnya pesawat tersebut. Ia juga membantah jika terdapat sebuah suara dentuman keras sebelum pesawat take off.

“Enggak ada itu, mas. Cuma kalau soal kejadian itu benar ada. Untuk kronologisnya dan penyebab pastinya apa, kita juga belum dapat konfirmasi dari pihak Lion Air,” jelasnya.

Sebanyak 75 penumpang tujuan Balikpapan-Surabaya pun saat ini masih berada di ruang tunggu keberangkatan. Dan akan dialihkan menggunakan peswat Lion Air yang tiba dari Jogjakarta dengan nomor penerbangan JT664.

“Tidak ada korban, penumpang sebanyak 75 orang termasuk kru pesawat selamat semua,” tambahnya.

Sementara itu saat media ini coba mengonfirmasi kepada pihak Lion Air, Humas Lion Air pusat, Danang mengaku permasalahan tersebut masih dalam pemeriksaan.

“Saat ini kami belum dapat memberi penjelasan, mas. Maaf. Kami masih melakukan kroscek. Nanti kalau sudah akan kami beri informasi lengkapnya,” ujarnya. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply