Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polda Kaltim Tes Urine Seluruh Polwan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Kasus seorang Kapolsek wanita di Bandung yang terjerat narkoba turut jadi atensi Polda Kaltim. Terbaru, Bid Propam Polda Kaltim melakukan pemeriksaan secara mendadak terhadap seluruh Polwan yang ada di Polda Kaltim, usai mengikuti arahan dari Kabag Binkar Polda Kaltim.

Seluruh Polwan Polda Kaltim tersebut mengikuti pemeriksaan, mulai dari sikap tampang, kelengkapan identitas diri, hingga tes urine untuk mendeteksi penggunaan narkoba.

“Seluruh Polwan, termasuk perwira maupun bintara menjalani tes urine yang dilaksanakan oleh Bid Propam dan Bid Dokkes Polda Kaltim,” ujar Kabid Propam Polda Kaltim, Kombes Pol Yudi Arkara Oktobera, Sabtu (20/2/2021).

Lanjut Kombes Pol Yudi Arkara Oktobera, pemeriksaan yang dilakukan tersebut, khususnya dalam pemeriksaan tes urine pihaknya langsung menggunakan alat tes narkoba. Di mana hasilnya bisa langsung diketahui saat itu juga. Sehingga jika ditemukan ada Polwan yang positif, bisa langsung diketahui saat itu juga.

“Pemeriksaan urine dengan menggunakan alat pengetes narkoba yang dapat dilihat hasilnya secara langsung,” jelasnya.

Lebih lanjut Kabid Propam Polda Kaltim ini menerangkan, pelaksanaan tes urine dilakukan pihaknya sebagai salah satu langkah antisipasi dan monitoring penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polda Kaltim.

“Kami tidak ingin kejadian di sana (Bandung) terjadi juga di lingkungan Polda Kaltim,” tambahnya.

Dalam arahan setelah pelaksanaan tes urine, Kombes Pol Yudi mengucapkan terima kasih kepada seluruh Polwan karena dapat menjaga diri dari narkoba.

“Saya berharap, Polwan Polda Kaltim semakin disiplin dan jauhi narkoba. Karena sebagai polisi wanita kita menjadi sorotan masyarakat dan pimpinan, berbeda dengan polisi laki-laki pada umumnya,” tutupnya.

Seperti diketahui, setelah dilakukan test urine tersebut, hasil seluruhnya dinyatakan negatif atau tidak mengandung bahan-bahan sejenis narkoba. (bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply