Bantu Penanganan Banjir Jakarta, Personel Basarnas Kaltim Diterjunkan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sejumlah titik di Ibu Kota Indonesia, Jakarta terendam banjir sejak Sabtu (20/2/2021). Tak ayal banyak warga yang menjadi korban dan perlu dilakukan evakuasi darurat. Menyikapi hal tersebut, Basarnas Kaltim diminta mengerahkan sejumlah personelnya beserta alat bantu bencana untuk melaksanakan kegiatan operasi SAR banjir Jakarta.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta mengatakan, pihaknya telah menerima permintaan Bawah Kendali Operasi (BKO) personel dan alat utama (alut) dari Basarnas Pusat pada Sabtu (20/2/2021) malam.

“Dalam rangka permintaan BKO personel dan alut untuk mendukung pelaksanaan kegiatan operasi SAR bencana banjir Jakarta,” ujarnya, Minggu (21/2/2021).

Lanjut Melkianus, Basarnas Kaltim sendiri akan mengirimkan sedikitnya 6 personel serta didukung sejumlah peralatan dalam operasi SAR.

“Untuk alut yang kami turunkan untuk pelaksanaan kegiatan ini yaitu peralatan SAR air dan peralatan pendukung lainnya,” jelasnya.

Untuk rencana keberangkatan, Melkianus menerangkan personel diberangkatkan pada Minggu (21/2/2021) ini pukul 13.10 Wita. Dan estimasi tiba di Jakarta pukul 15.20 Wita.

“Kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dan mereka akan landing di Halim Perdanakusuma,” tambahnya.

Nantinya 6 personel Basarnas Kaltim yang di-BKO kan ini akan berlangsung sejak hari ini hingga tujuh hari ke depan. Durasi tersebut, sebut Melkianus, menyesuaikan permintaan BKO Basarnas Pusat.

“Sesuai dengan permintaan, mulai hari ini tanggal 21 sampai dengan tanggal 27. Jadi kurang lebih 7 hari ke depan,” tutupnya. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply