Vaksinasi Tahap 2, Balikpapan Akan Libatkan Nakes Klinik Swasta

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Vaksinasi tahap 2 akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Jumlah vaksinator terbatas. Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan, mencoba melibatkan tenaga kesehatan (nakes) di klinik kesehatan swasta.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut saat ini jumlah vaksinator yang ada hanya sekitar 291 orang nakes. Sementara vaksinasi yang menyasar para pelayan publik, jumlahnya cukup banyak. Data terakhirnya mencatat ada sekitar 29 ribu orang. “Tenaga kami ada 291 orang itulah yang kami coba sekarang. Jadi siapa yang (ditempatkan) di puskesmas, siapa yang di rumah sakit, siapa yang di klinik,” ujarnya, Jumat (19/2/2021).

Para pelayan publik itu berasal dari aparat TNI dan Polri, petugas BPBD, para pelaku jasa transportasi, pegawai lintas vertikal, bahkan pedagang di pasar tradisional juga bagian dari pelayanan publik yang akan menerima vaksin pada tahap dua tersebut.

Ia menyebut, satgas sedang memetakan pembagian tugas dan persiapan ara vaksinator. Salah satu upaya menambah vaksinator yakni mengajak klinik-klinik kesehatan untuk mengerahkan nakesnya dan berpartisipasi menjadi vaksinator.
“Jadi klinik yang di Panacea, Ibnu Sina, itu kita ajak. Ayolah sama-sama, karena ke depan untuk masyarakat, supaya enggak tertumpuk daftar penerima vaksinnya,” ungkapnya.

Namun demikian, Dokter Dio, sapaanya, belum mendapat informasi terkait kapan dan berapa banyak vaksin yang akan diterima Balikpapan, dalam waktu dekat. “Jawa – Bali yang sudah jalan. Kita belum dapat info,” imbuhnya. (ryn/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply