DPRD Balikpapan Bahas Perda Garasi Mei Mendatang

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pembahasan rencana perda garasi, masuk dalam termin kedua tahun ini. Wakil Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan Syukri Wahid Syukri Wahid memastikan hal itu. Menurutnya sistem penyelenggaran transportasi dan pendidikan, akan kembali hangat dibahas di awal Mei mendatang.

“Jadi empat bulan pertama kami akan konsen untuk pembentukan perda dulu, baru kita bagi berikutnya,” ujarnya, Kamis (18/2).

Ia meyakinkan rencana perda garasi masih masuk dalam prolegda DPRD Balikpapan. Dan berharap perda tersebut akan selesai pembahasannya di tahun ini. “Program luncuran, dua tahun sudah (tertunda),” katanya.

Meski begitu, sampai sekarang rencana perda garasi masih menimbulkan polemik di masyarakat. Ada yang menganggap hal itu memberatkan masyarakat yang ingin memiliki mobil pribadi.

Sementara di sisi lain ada yang beranggapan bahwa hal itu memang dibutuhkan. Mengantisipasi lonjakan kepemilikan mobil pribadi.

Nantinya, pertumbuhan kepemilikan mobil pribadi berpengaruh terhadap kemacetan. Jika tanpa dibarengi kemampuan setiap orang untuk memiliki lahan atau garasinya sendiri.

“Ya memang tidak mudah. Apa lagi berdampak pada konsumen. Bahkan dari dealer juga (ada keluhan) seperti yang saya bahas dulu,” ungkapnya.

Syukri menyebut saat ini belum bisa berkomentar banyak, lantaran fokus DPRD saat ini membahas peliknya persoalan penanganan COVID-19, serta penyusunan beleidnya. “Itu nanti lah. Karena kita belum (fokus soal perda garasi),” tutupnya. (ryn/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply