Bukan karena BBM Habis, Mobil PCR Tak Jalan Ternyata Gara-Gara Ini

Bontang, nomorsatukaltim.com – Mobil swab Polymerase Chain Reaction (PCR) milik Pemkot Bontang mogok. Bukan kehabisan bbm. Cairan reagen untuk tes usap ternyata sudah habis sejak Januari lalu.

Sampai sekarang stok baru belum ada. Ternyata masalahnya karena penganggaran belum tuntas. Sebab sampai sekarang Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) urung turun. Makanya pengadaan cairan reagen itu belum dibeli.

“Sebenarnya kami sudah pesan. Tapi mau gimana, pemkot belum ada anggarannya,” ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Bontang, Adi Permana.

Birokrasi yang rumit ini pun tak kenal darurat. Pemerintah juga tak berani belanja sebelum disetujui. Alhasil, mobil PCR seharga Rp 3 miliar itu pun menganggur sejak sebulan lalu.

Padahal anggaran untuk penanggulangan pandemi tahun ini tak sedikit. Di pos anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) ada Rp 15 miliar.

Dana itu diprioritaskan untuk penanganan COVID-19. Tapi lagi-lagi urusan administrasi menghalang keperluan untuk kepentingan manusiawi. Semoga saja segera. (wal/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply