Baru 3 Lansia Divaksin

TANJUNG REDEB, DISWAY – Vaksinasi juga akan menyasar lanjut usia (lansia). Sementara pendataan. Oleh tim Dinas Kesehatan Berau. Lansia yang telah divaksinasi, kata Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi baru tiga orang. Pensiunan nakes dan dokter.

Dikatakan, lansia berusia minimal 59 tahun. Di bawah itu tidak termasuk. “Lansia menjadi sasaran vaksin. Karena berisiko saat terinfeksi COVID-19. Makanya, lansia penyumbang terbanyak kematian akibat COVID-19 di Berau.

Diungkapkan, lansia juga diberi vaksin dua kali. Namun ada perbedaan. Soal rentang vaksinasi, 28 hari. Sementara yang dilakukan ke non lansia 14 hari. “Karena antibodi masih bagus dalam 28 hari,” ungkapnya.

Hanya saja Iswahyudi tak menyebut kapan jadwan vaksinasi lansia. Sebab tahap dua vaksinasi di Berau, diprioritaskan untuk pelayan publik. Seperti, TNI-polisi dan kelompok rentan lainnya. Rencananya Maret 2021.
Sekadar informasi, penyuntikan kedua vaksinasi tahap pertama di Berau dilaksanakan, Kamis (11/2). Untuk Forkopimda dan tenaga kesehatan (nakes).

Sebelum vaksinasi, menjalani tahapan. Seperti registrasi, pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah serta pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi tubuh, pengalaman yang dirasakan selama dua minggu penyesuaian dengan vaksin, dan penyakit penyerta atau penyakit yang dialami selama dua minggu. (FST)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply