Ada Pria Misterius Terekam CCTV Sebelum Kebakaran di Pasar Citra Mas

Bontang, nomorsatukaltim.com – Kebakaran di Pasar Citra Mas terekam di video Circuit Close Television (CCTV). Dan tersebar di dunia maya. Akun repost menyiarkan video berdurasi kurang dari 1 menit di berandanya.

Di dalam rekaman tampak pria menenteng sesuatu di dalam pasar sekitar pukul 02.00, Rabu (10/2) dini hari. Berselang 20 menit sebelum kebakaran terjadi. Disway Kaltim menelusuri sumber video tersebut. Pemiliknya seorang pedagang ikan. Sebut saja Anto. Pria berusia sekitar 40 tahun sebenarnya khawatir. Dirinya akan repot ketika menjadi saksi di kantor polisi.

“Sebenarnya saya tidak mau beberkan ini, karena tadi pagi (kemarin) saja baru pulang dari Polres,” ujarnya saat ditemui di rumahnya, Jumat (12/2/2020) petang.

Mukanya tegang. Tutur katanya pun tak sistematis. Matanya terus-terus nanar. Kadang terbengong. Anto seperti orang linglung. Dan benar saja. Ia bingung. Polisi memintanya tak banyak bicara. Namun, ia tak ingin berbohong ke media.

“Jujur saya bimbang sekarang. Bingung,” katanya lagi.

Kamera CCTV itu menempel di langit-langit pasar. Posisinya persis menyorot lapaknya. Ada 4 kamera miliknya.Yang semua matanya lensa menjurus ke lapak dagangan ikan kepunyaanya. Kebakaran tersebut merusak dua kamera. Namun dua lagi luput dari jago merah.

Kedua rekaman kamera itulah yang viral di dunia maya. Termasuk satu kamera lain milik warga. Masih berdekatan dengan lapak Anto. Tetapi posisinya di sisi jalan. Di luar bangunan pasar. Pemiliknya adalah pedagang sembako.

Anto memasang kamera pengawas untuk keperluan dagangann. Rumahnya berjarak 600 meter dari pasar. Berada di atas kawasan pasang surut. “Saya paling ke pasar kalau cek ikan habis, lalu bawa lagi ke atas (pasar),” tuturnya.

Dari hasil rekaman kamera CCTV miliknya tampak seseorang melintas pukul 02.00 dinihari. Penampilanya asing. Dirinya tak mengenal sosok pria tersebut. Pria itu mengenakan baju kemeja lengan panjang. Rambutnya pendek. Nyaris plontos. Berjalan tergesa-gesa. Sebab, tangkapan kamera terputus-putus.

Disway Kaltim diperlihatkan cuplikan kameranya. Hanya sekilas saja. Lalu buru-buru ia tarik kembali ponsel androidnya. “Ini yang polisi tanya ke saya,” ungkapnya

Dari foto itu terlihat sudah ada titik api yang muncul. Hanya berupa nyala oranye. Pria misterius tadi berjalan ke luar pasar mengarah ke seseorang lagi di luar tanpa mengenakan baju. Bertelanjang dada.

Penuturannya, tidak ada lampu oranye di sekitar pasar. Cahaya itu diyakini berasal dari nyala api sebelum kebakaran membesar.

Sampai saat ini Polisi masih menyelidiki penyebab kasus tersebut. Pun telah memeriksa saksi lain dari kejadian ini. “Kita akan uji bukti-bukti dengan mengandeng ahlinya,” ujat Kasat Reskrim Polres Iptu Asriadi.
Diektahui, Pasar Citra Mas Lok Tuan terbakar Rabu (10/2) dini hari.

481 kios ludes dalam 4 jam. Lapak pedagang yang mayoritas berhahan material kayu hangus. Salah satu warga sekitar, Hakim pun merengang nyawa. Bukan karena sengatan api.

“Katanya almarhum punya riwayat jantung. Mungkin terkejut saat kebakaran. Langsung pingsan dan saat di rumah sakit nyawanya tak tertolong,” beber Babinkamtibmas Lok Tuan, Iptu Ahmad Bajuri kepada wartawan, Rabu (10/2).

Saksi mata kejadian menduga ada sabotase pada kebakaran ini. Herdi pedagang sembako di pasar mengaku janggal dengan peristiwa itu.

Dugaannya dilatari dari sumber api yang muncul di 3 titik bersamaan. Seharusnya rentetan api menjalar, tidak terpisah. “Ya aneh saja, kok bisa titik api itu muncul di 3 tempat. Di lapak sembako, ada juga di belakang. Padahal belum menjalar apinya,” ungkapnya.

Pedagang pun mensinyalir ada kejadian ini berhubungan dengan rencana relokasi pedagang Pasar Citra Mas ke gedung baru. Pemerintah sudah merampungkan bangunan baru Pasar Citra Mas, di kawasan Temputu, Kelurahan Lok Tuan. Antara lokasi lama dengan bangunan baru berjarak sekitar 1 kilometer. Rencana relokasi pedagang ini pun santer disebut-sebut motif dari pembakaran pasar.

Sekretaris Asosiasi Pedagang Pasar Citra Mas, Abdul Hamid menuturkan setahun lalu pernah didapati seorang pria yang diduga akan membakar pasar. Pria tak dikenal itu dalam pengaruh alkohol serta membawa sebotol bensin. Namun, pedagang dan petugas keamanan pasar lebih dulu menangkap pemuda itu.

“Ya pernah tahun lalu, kita curiga kayanya mau bakar pasar. Karena bawa bensin,” tuturnya. (wal/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply