GPMB PPU Dibentuk, Lawan Kebodohan dengan Membaca

PPU, nomorsatukaltim.com – Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dibentuk di Penajam Paser Utara (PPU). Guna meningkatkan minat baca masyarakat.

Lembaga itu menjadi mitra kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) PPU. Langkah awalnya sudah dilaksanakan. Sosialisasi dan pembentukan formatur, Rabu, (3/2/2021) kemarin. Plt Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Mulyadi dipercaya menjadi ketuanya. Ia bersama dengan 5 anggotanya nanti akan menentukan pengurus GPMB.

“Segera dikoordinasikan. Sesuaikan dengan program pusat hingga ke daerah,” katanya.

Tak ada ketentuan khusus. Siapa saja bisa menjadi anggotanya. Namun jelas. Ia haruslah seorang penggiat literasi. Para orang intelek. Karena mereka telah merasakan manfaat membaca. Dengan terbentuknya organisasi ini, diharapkan ke depan kegemaran membaca masyarakat bisa lebih baik.

Hadir pula komunitas literasi. Ada juga Kepala DPK Kaltim, Elto. Dan tentunya Ketua GMPB Kaltim Syarifuddin Pernyata. Ia menilai pentingnya membaca dalam membangun karakter bangsa.

“Tujuan Indonesia didirikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Syafrudin.

Miris memang. Minat baca Nasional di Indonesia masih rendah secara perseentase hanya 0,0046 persen. Oleh karena itu, upaya meningkatkan minat baca masyarakat menjadi suatu kewajiban. Jika ingin meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

“Jika daerah ingin maju bukan hanya dibangun pada infrastuktur tapi pada kualitas masyarakatnya,” imbuhnya.

Terbentuknya GPMB PPU nantinya akan menambahkan jaringan. Menyusul empat daerah lain di Kaltim yang telah lebih dulu terbentuk. Yakni GPMB Samarinda, Balikpapan, Berau dan Bontang. (rsy/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply