Vaksinasi di Balikpapan Capai 26,52 Persen

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Proses vaksinasi tenaga kesehatan di Kota Minyak, sudah menyentuh angka 1.914 orang (data 29 Januari 2021 sore). Atau setara 26,52 persen jumlah total nakes yang terdaftar.

Jumlah nakes terdaftar diketahui sekitar 6.100 orang. Jumlah 26,52 persen itu juga sudah mencakup nama lain di luar nakes. Seperti vaksinasi yang dilakukan para tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut data itu diterima dari 47 fasilitas kesehatan (faskes) yang sudah melakukan proses vaksinasi massal dan masih terus berjalan.

“Penginputan memang lebih banyak dilakukan oleh tenaga kesehatan pada sore sampai malam hari. Jadi kami akan cek lagi nanti malam (malam tadi), melalui aplikasi,” terangnya.

Secara resmi, proses vaksinasi di Balikpapan dimulai sejak kemarin. Sejumlah pejabat teras pemkot dan tokoh masyarakat di Balikpapan resmi menjalani vaksinasi COVID-19. Yang dilakukan di halaman Pemkot Balikpapan, Jumat (29/1) pagi.

Diawali dari Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Putu Agung Sujarnawa, dan Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi juga ikut dalam daftar.

Tokoh lainnya yakni Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Dedy Susanto, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Hasbullah Helmi, Ketua PCNU Balikpapan KH Muhammad Muhlasin, Pendeta Rumorupok, sementara perwakilan masyarakat diwakili duta masker, Kasmidi.

Seluruh direktur rumah sakit juga hadir dan ikut dalam daftar vaksinasi bersama Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty. Dari nama-nama tersebut, hanya Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh yang tidak hadir. Setiap orang yang ikut dalam vaksinasi harus melalui tahap registrasi dan pemeriksaan kesehatan, sebelum disuntik vaksin.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut pencanangan vaksinasi yang diawali para tokoh masyarakat itu sebagai edukasi kepada masyarakat Balikpapan. “Vaksin ini adalah upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona,” ujar Rizal.

Dalam kesempatan itu, Rizal meminta dukungan semua pihak terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ia menyebut sampai saat ini jumlah warga yang terkonfirmasi positif sudah mencapai 9.360 orang.

Sementara yang dirawat di rumah sakit berjumlah 388 orang. “Rumah sakit yang melayani COVID-19 di Balikpapan ada 11, dengan kapasitas 467 tempat tidur namun yang terisi 398 dan tersisa 60 orang, sedangkan ICU total 38 ruangan yang terisi mencapai 35 ruangan,” ucapnya. (ryn/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply