Vaksin Sinovac Efektif Hingga 65 Persen

Kukar, nomorsatukaltim.com – Vaksinasi COVID-19 tahap kedua mulai berjalan di Kutai Kartanegara (Kukar). Serentak di 16 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di Kukar. Dengan total yang menjalani vaksinasi sebanyak 161 orang. Terdiri dari tokoh dan tenaga kesehatan (nakes) Kukar.

Tentu yang masih jadi pertanyaan di tengah masyarakat. Seefektif apa vaksin yang didatangkan dari Tiongkok ini. Yakni vaksin COVID-19 jenis Sinovac, yang datang sejak Desember 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Martina Yulianti mengatakan, berdasarkan uji klinis jika kekebalan akan terbentuk pasca suntikan kedua. Namun ada juga hasil yang menunjukkan terbentuk saat suntikan pertama diberikan kepada orang yang divaksin.

“Jadi kita tunggu saja nanti, yang jelas setelah vaksin kedua ini baru terbentuk optimal. Tapi berapa lama setelah vaksin kedua itu saya belum bisa memberikan informasi,” jelas Martina dihadapan wartawan, Kamis (28/1/2021).

Martina juga menjelaskan berdasarkan uji klinis yang dilakukan para peneliti. Khusus untuk vaksin jenis Sinovac yang sudah disuntikkan ini, memiliki tingkat efikesi sebesar 65 persen. Dengan artian 65 persen orang yang sudah divaksin jenis ini, tidak tertular lagi. 35 persennya masih bisa tertular.

Namun kabar baiknya, meskipun tertular kembali atau reinfeksi, tidak menyebabkan sakit yang berat. Masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), atau istilah medisnya asimptomatik.

Martina pun menargetkan, jika proses vaksinasi tahap kedua ini bakal selesai pertengahan Februari mendatang. Selanjutnya baru menatap dan mempersiapkan sasaran prioritas kedua proses vaksinasi. Yakni TNI- Polri, Satpol PP, petugas pelayanan administrasi publik. Dan kemungkinan guru juga jadi sasaran prioritas kedua ini.

“Kita menunggu instruksi dari pusat. Saat ini (pemerintah) pusat sedang fokus menyelesaikan nakes diseluruh Indonesia,” ungkap Martina.

Sejauh ini, Kukar sudah menjangkau hampir 50 persen sasaran vaksinasi. Teratas dibanding 92 kabupaten/kota lain yang menjadi bagian tahap pertama Kick Off pada 14 Januari 2021 lalu. Atau dua pekan yang lalu.

Dengan total mencapai 10.632 dosis Sinovac. Yakni 7.040 dosis pada termin pertama dan 3.592 dosis pada termin kedua. Dan ini diharapkan mampu menutupi kebutuhan vaksin COVID-19 untuk seluruh nakes yang ada di Kukar. (mrf)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply