Ajukan Tambahan Bantuan Lansia

TANJUNG REDEB, BERAU – Dinas Sosial Berau mengajukan tambahan jumlah penerima bantuan lanjut usia (lansia). Ke Kementerian Sosial sebanyak 500 jiwa pada 2021 ini.

Pada 2020, menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Berau, Totoh Hermanto, kuota hanya 400 jiwa. Turun dibanding 2019 sebanyak 448 orang.

Totoh mengaku, setiap lansia akan mendapat Rp 250 ribu per bulan. “Berharap disetujui sesuai pengajuan. Tapi tergantung kondisi keuangan negara,” jelasnya kepada Disway Berau, Jumat (29/1).

Sambil menunggu realisasi, pihak Dinsos Berau terus melakukan pendataan. Untuk mendapatkan potensi lansia lainnya yang harus tercover.

Meski mendata, tapi Totoh tak bisa menjamin. Seluruh lansia mendapat bantuan. Sebab pengajuan kuota selama beberapa tahun tidak pernah 100 persen. Apalagi APBD belum menganggarkan bantuan lansia.

Totoh mengungkapkan, pada 2020 jumlah lansia bertambah dibandingkan 2019. Makanya, dalam memberikan bantuan, betul-betul selektif. Karena jumlahnya terbatas. “Harus ada pengantar dari kelurahan atau kampung. Keterangan bahwa lansia yang akan dibantu kurang mampu,” tandasnya. (RAP)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply