Langsung Dibina Kemendikbud

Irianto: Tidak Lagi Dinomorduakan

TANJUNG SELOR – Politeknik Nunukan resmi berubah status menjadi negeri, setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan surat keputusan dengan nomor 42 tahun 2020. Pada 24 September 2020.

“Setelah menjadi negeri, kampus ini harus kita pelihara. Kita harus belajar ke negeri tetangga mengenai tata kelola kampus di sana. Sebagai provinsi termuda, harus kita siapkan SDM yang terbaik. Tidak hanya narasi, tapi pada tingkat aksi,” kata Gubernur Kaltara Irianto pada peresmian Poltek Negeri Nunukan, Kamis (28/1).

Menurutnya, dengan berstatus negeri, pembinaan langsung dari Kemendikbud, tidak lagi Politeknik Negeri Samarinda. “Sehingga, apa pun yang diminta Politeknik Negeri Nunukan, langsung ke Kemendikbud. Jalurnya tidak lagi melewati Samarinda, tetapi jalur langsung ke kementerian,” ujar Irianto.

Banyak kelebihan usai Poltek Nunukan menjadi negeri. Di antaranya, tanggung jawab sarana prasarana, pengembangan kampus dan sebagainya, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Dengan status negeri, jaringan pun terbuka lebar dengan kementerian.

Selain itu, kata Irianto, dapat pula kerja sama dengan politeknik di seluruh Indonesia. Bahkan sampai internasional. Misalnya, ikut program pertukaran mahasiswa keluar negeri.

“Tidak lagi dinomorduakan, karena dulu masih mengikuti dengan Samarinda. Kalau masih ada orang Samarinda, mahasiswa Nunukan tidak akan terkirim. Begitu juga pertukaran dosen ke luar negeri. Kemudian program kementerian untuk pembinaan dosen, pengembangan kampus langsung dari kementerian ke Politeknik Negeri Nunukan,” bebernya.

Irianto juga mengatakan, kesempatan dosen dan staf menjadi PNS juga terbuka. Program meningkatkan jenjang dari diploma III menjadi strata satu (S-1), strata 2 (S-2), dan kesempatan membuka program studi baru, juga semakin terbuka.

“Sekarang masih ada empat prodi, yaitu teknologi pengelolaan hasil perikanan, teknik alat berat, teknik sipil infrastruktur perkotaan, dan administrasi bisnis,” ujarnya. HMS/REI

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply