Vaksin Sinovac Tiba di Kutim, Masyarakat Umum Bersabar Dulu

Kutim, nomorsatukaltim.com – Akhirnya vaksin sinovac datang Selasa (26/1/2021) lalu di Kutim. Meski berjumlah 6.160 dosis, tetapi belum diperuntukan bagi masyarakat umum.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kutim, Bahrani Hasanal mengaku belum bisa memastikan kapan vaksin dapat diterima masyarakat umum. Lantaran sejauh ini masih difokuskan untuk tenaga kesehatan. Selanjutnya baru kepada pelayan publik seperti polisi dan TNI.

“Jadi saya belum bisa beri pernyataan soal vaksin untuk masyarakat,” ucap Bahrani.

Ribuan vaksin yang diterima ini masih tahap pertama. Sementara untuk tahap kedua kemungkinan datang di awal Februari mendatang. Dengan jumlah yang diterima ini, bisa dipastikan seluruh tenaga kesehatan di Kutim kebagian jatah vaksin.

“Begitu juga dengan tokoh dan pejabat publik juga akan terima,” imbuhnya.

Tenaga kesehatan di Kutim jumlahnya mencapai 3.030 maka vaksinasi pun bisa dilakukan dua kali. Sementara untuk tokoh dan pejabat publik akan dipilih 10 orang. Seperti kepala daerah, anggota DPRD serta tokoh masyarakat.

“Tiap tenaga kesehatan akan mendapatkan dua dosis sekaligus. Untuk dua tahap penyuntikan,” ungkapnya.

Khusus untuk tenaga kesehatan, diperbolehkan memakai vaksin sebelum tanggal 30 Januari. Sebab tanggal tersebut akan dilakukan penyuntikan perdana bagi tokoh dan pejabat publik. Maka sejak hari ini proses distribusi pun sudah berjalan.

“Kami sebar ke puskesmas di kecamatan. Ada pula yang langsung ambil ke sini,” katanya.

Diketahui penyuntikan vaksin yang kedua harus berbeda 14 hari. Sehingga masing-masing tenaga kesehatan langsung diberikan dua dosis sekaligus. Dan vaksin langsung disimpan di tiap fasilitas kesehatan yang ada.

“Terutama bagi tenaga kesehatan yang berada di kecamatan terjauh. Biar lebih efisien langsung diberikan dua dosis,” tandasnya. (bct/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply