Pemkab Kukar Berencana Bangun Pabrik Jagung, Hasilnya Tidak Cuma Untung

Kukar, nomorsatukaltim.com – Revolusi jagung jadi program andalan Pemkab Kukar. Dan terus menerus digencarkan. Untuk memastikan produksi hasil panen para petani maksimal, pemkab berencana membangun pabrik pengolahan jagung. Lokasinya disebut-sebut berada di Kota Bangun.

Di sana, nantinya pabrik bakal mengolah dari bonggolan menjadi jagung siap pakai. Langkah itu diambil pemkab untuk mengembangkan puluhan hektare jagung jenis hibrida. Yang memang menyasar pakan ternak.

“Persisnya (kapan dibangun) enggak tahu, mengupayakan hingga ke pusat mudahan pembangunan bisa segera terwujud,” ujar Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono, pada Disway Kaltim, Selasa (26/1/2021).

Sejauh ini, Sunggono mengklaim tidak ada kendala dengan program unggulan ini. Disebutnya pasarnya pun sudah ada. Semenjak melakukan kerja sama Asosiasi Petani Jagung Indonesia (APJI). Yang memang saling berkomitmen untuk menampung seluruh hasil panen dan menjualkan.

Sehingga belum ada keluhan yang diterima. Baik dari pengepul ataupun petani jagungnya. Komitmen pun sudah dilakukan sejak tahun lalu.

Terkait adanya rencana pembangunan pabrik pengolahan jagung, tentu harapannya bisa memaksimalkan program unggulan ini di Kukar. Sehingga tidak hanya menikmati di hulunya saja, tetapi hilirnya juga. Baik menghasilkan produk dasar hasil panen, maupun hasil olahannya.

Harapannya pun bisa menjadi potensi menyumbang ke dalam kas daerah melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tak hanya itu, proyek ini juga bisa menyerap tenaga kerja. Itu yang sangat diharapkan Sunggono. (mrf/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply