Ini Penyebab Listrik PLN di Ujoh Bilang Sering Padam

Mahulu, nomorsatukaltim.com –Listrik di Kampung Long Bagun dan Ujoh Bilang padam. Setiap hari. Masuyarakat pun kesal.

Bahkan Rabu (22/1/2021) dini hari terjadi pemadaman total secara tiba-tiba di Ujoh Bilang oleh PLN.

“Sering padam mendadak, bisa membuat rusak peralatan elektronik di rumah. Berharap jika ada kerusakan PLN Ujoh Bilang segera diperbaiki,” harap Tomi, salah satu warga.

Samuel Juk, salah satu warga Kampung Long Bagun meminta PLN untuk  mengumumkan terlebih dahulu jika ada pemadaman.

“Kecuali memang padam mendadak akibat kerusakan mesin. Kalau ada perbaikan mesin atau jaringan, agar diumumkan. Karena padam mendadak membuat pekerjaan saya terganggu,” keluhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bagian Administrasi PLN Ujoh Bilang, Ahmad Fahrizal mengakui memang ada jadwal pemadaman beberapa kali. Terutama sepekan terakhir di Ujoh Bilang. Penyebab utamanya adalah gangguan jaringan.

Baca juga: Innalillahi, Wawali Balikpapan Terpilih Thohari Aziz Meninggal Dunia

“Benar, pernah padam beberapa kali. Karena terjadi gangguan jaringan (kotor). Sekarang  sudah dilakukan pembersihan,” tuturnya.

Ia menyebut PLN Ujoh Bilang sudah membersihkan jaringan (kabel) dengan melakukan perintisan. Membuang semua akar semak dan kayu yang menghalangi kabel jaringan.

“Kalau yang beberapa hari lalu, beberapa jam sempat padam, itu gangguan jaringan di kawasan Rumah Sakit GSM UJoh Bilang. (Kabel Ground) yang berfungsi sebagai proteksi apabila terjadi kebocoran arus mengalami gangguan,” ungkapnya.

Sering terjadi gangguan jaringan adalah kabel jaringan PLN yang melintas dari arah Mapolsek Long Bagun di kawasan Belaran menuju kawasanTikah, Ujoh Bilang. Karena akses itu berada dibawah tebing batu curam.

“Jadi kawasan sering terjadi gangguan yaitu di Batu Bulan. Sulit pembersihan lokasi tebing batu curam,” beber Fahrizal.

Selain gangguan jaringan, PLN Ujoh Bilang sering terjadi kebocoran isolator (penopang beban) listrik di jaringan. Penyebabnya sambaran petir karena cuaca buruk.

“Juga kadang bahan bakar minyak (BBM) mesin pembangkit kotor. Jika semua itu terjadi, maka mesin pembangkit hunting (down) daya. Sehingga terjadi padam untuk memulihkan daya,” ucapnya.

Untuk diketahui, PLN UJoh Bilang tidak kekurangan daya listrik. Karena saat ini listrik milik negara itu memiliki 13 ribu Kilo Watt (KW) daya. (imy/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply