Siaga Bencana sejak Dini

TANJUNG SELOR, DISWAY – Bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah, di awal 2021 ini, menjadi perhatian Wakil Ketua I DPRD Bulungan, Aluh Berlian.

Apalagi, wilayah Bulungan memiliki potensi terjadi bencana seperti banjir. Karena itu, politikus Partai Golkar ini, mengingatkan Pemkab Bulungan. Agar melakukan antisipasi dini terhadap potensi bencana. Apalagi, musim penghujan diperkirakan masih berlangsung hingga Maret mendatang.

“Harus sudah siaga sejak saat ini. Jadi di satu sisi kita semua sedang menghadapi ancaman wabah virus Corona, di satu sisi lainnya pemda juga harus menyiapkan antisipasi bencana alam,” kata Aluh Berlian, Jumat (22/1).

“Biasanya, musibah yang umum terjadi di Bulungan seperti banjir luapan sungai, tanah longsor, dan jalan putus. Ini tentunya harus diantisipasi oleh kita semua,” lanjutnya.

Pemkab Bulungan pun dimintanya menyiapkan peralatan dan menyediakan posko-posko siaga bencana. Dan, mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP) penanggulangan bencana alam. Di tengah kondisi pandemik COVID-19.

“SOP-nya harus siap, harus terkondisikan dengan baik. Karena ini bagus jadi momentum bagi semua untuk mengevaluasi kesiapan daerah. Dalam penanggulangan bencana alam di tengah pandemik COVID-19,” ujarnya.

Sementara itu, untuk daerah-daerah yang masuk wilayah rawan bencana. Seperti Kecamatan Peso dan Peso Hilir. Yang menjadi langganan banjir ketika hujan dengan intensitas tinggi, harus lebih siaga dalam menghadapi bencana alam.

Menurut Aluh, peran pemerintah kecamatan hingga tingkat desa, juga perlu ditingkatkan. Sehingga, upaya pencegahan dapat dilakukan dengan tepat. Sebab, mereka yang berada di wilayah rawan banjir, telah mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan.

“Semakin banyak yang terlibat dalam antisipasi ini, akan semakin baik. Karena yang namanya gotong royong itu, sesulit apa pun cobaan yang akan tiba, pasti bisa dilalui. Tapi kami berharap Bulungan tidak ada musibah apa pun,” ujarnya. */ADV/ZUH/REI

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply