PGI Samarinda Segera Seleksi Atlet untuk Pra Porprov 2021

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Persatuan Golf Indonesia (PGI) Samarinda dalam waktu dekat akan mulai melakukan seleksi atlet. Untuk mewakili Kota Tepian di Pra Porprov Kaltim yang akan dilangsungkan tahun ini juga.

Nantinya, PGI Kota Samarinda akan mencari 7-10 atlet golf terbaik. Yang usianya maksimal 24 tahun.

Saat ini, beberapa atlet golf Samarinda melakukan latihan rutin di lapangan driving yang ada di kawasan perumahan Vila Tamara. Dipandu oleh pelatih yang tercatat juga sebagai pegolf kelas profesional.

Soal olahraga golf yang identik dengan kalangan elite. Salah satu pelatih golf Samarinda, Anto Husein tak menampiknya. Tapi dilanjutkannya, bahwa kalangan pebisnis dan pejabat cenderung menjadikan golf sebagai olahraga hobi saja.

Sementara untuk di jalur prestasi, Anto berharap ke depan masyarakat berbagai kalangan bisa turut mendalami olahraga golf. Terpenting ada niat dan bakat dulu. Lalu diimbangi dengan giat berlatih. Sisanya dipikir belakangan.

Kembali ke seleksi atlet untuk Pra Porprov. Caddy yang aktif berlatih dikatakannya bakal menjadi prioritas. Tapi tetap, jam terbang, pengalaman, dan skill yang akan jadi penentunya.

“Mereka yang berprestasi diturnamen lokal tentu berpeluang. Ditambah ketika si pemain bagus dan mendapatkan sponsor. Itu sudah keuntungan tersendiri,” katanya.

Februari nanti, akan ada turnamen lokal di Samarinda. Anto berharap para atlet calon seleksi bisa memanfaatkan ajang itu. Karena walau tak secara langsung. Turnamen itu bakal dijadikan acuan untuk menggelar seleksi nanti.

“Rencananya Februari ini akan diadakan kejuaraan seri GHH 4. belum ditentukan tanggal mainnya. Biasanya itu akan ada 100 pegolf turun di sana. Mulai dari pemula sampai pegolf amatir turut serta dalam kejuaraan itu,” jelasnya.

Terpisah, ketua PGI Samarinda, Hermanus Barus mengatakan bahwa pandemi ini sedikit banyak memberi dampak pada cabor yang ia pimpin. Karena sebelum jauh  bicara soal prestasi. Program latihan pun jadi pontang-panting. Kurangnya kejuaraan juga memicu kejenuhan atlet. Sehingga cukup menghambat perkembangan mereka.

“Karena situasi pandemi, kita belum bisa yang lakukan latihan ideal. Jadi belum bisa maksimalkan potensi atlet muda yang dimiliki ,” katanya saat dihubungi via telepon.

Namun begitu, Hermanus tak ingin menjadikan itu sebagai alasan. Samarinda disebutnya tetap ingin menggondol sebanyak-banyaknya medali di Porprov 2022 nanti. Karena daerah-daerah yang selama ini jadi rival pun mengalami hal yang sama.

Toh pembinaan golf di Samarinda sendiri tetap berjalan. Walau tidak kencang-kencang amat.

“Kita punya beberapa atlet yang dibina oleh bagian pembinaan. Rutin latihan dan fasilitas juga kita sediakan. Seperti bola dan lainya,” pungkas Hermanus (frd/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply