Alhamdulillah, Kukar Dapat Tambahan 3 Ribu Vaksin

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemkab Kukar kebagian durian runtuh. Ya, Kukar mendapat jatah vaksin untuk kedua kalinya.

Bersama delapan daerah yang belum kebagian vaksin pada termin pertama. Yakni: Balikpapan, Kutai Timur, Bontang, Berau, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, Paser dan Mahakam Ulu.

Total vaksin Sinovac yang bakal diterima mencapai 3.592 vial atau dosis. Dan digunakan untuk memaksin sisa tenaga kesehatan (nakes), yang tidak ter-cover dengan vaksin yang didapatkan Kukar pada termin pertama lalu. Atau sekitar 18 persen nakes di Kukar yamg tersisa.

Meskipun tidak menjelaskan secara gamblang, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara Martina Yulianti sebut jumlah sasaran yang harus divaksin lumayan tinggi. Selain itu karena cakupan proses vaksinasi yang cukup baik dan cepat selesai.

“Iya vaksin mendapat jatah lagi dari provinsi, ditentukan dari (pemerintah) pusat,” jelas Martina pada nomorsatukaltim.com, Senin (25/1/2021).

Disebut Martina ini merupakan apresiasi dan reward kepada Kutai Kartanegara. Karena proses vaksinasi yang dilakukan on the track. Martina hanya bisa mengamini.  Tidak mengiyakan, tapi juga tidak membantah hal tersebut.

Memang berdasarkan data yang terpusat di pemerintah pusat. Kutai Kartangeara memang menempati posisi satu terkait cakupan proses vaksinasi. Mengungguli 91 kabupaten/kota lainnya yang melakukan vaksinasi tahap pertama. Yakni mendekati angka 50 persen nakes sudah tervaksin.

Diskes Kutai Kartanegara sendiri menargetkan proses vaksinasi gelombang pertama untuk seluruh nakes di Kukar, rampung pada Minggu kesatu atau kedua bulan Februari 2021. Karena memang dijelaskan Martina, interval masa penyuntikan vaksin 2 pekan hingga 4 pekan setelah vaksinasi pertama.

Terkait vaksinasi untuk masyarakat umum, Martina menyebut masyarakat harus bersabar terlebih dahulu. Karena pada gelombang kedua, giliran TNI, Polri, petugas yang berhubungan pelayanan publik, Satpol PP, hingga guru.

“Setelahnya kita tunggu lagi instruksi (pemerintah) pusat,” lanjut Martina.

Sehingga, total saat ini sebanyak 10.632 dosis Sinovac. Yakni 7.040 dosis pada termin pertama dan 3.592 dosis pada termin kedua. Dan ini diharapkan mampu menutupi kebutuhan vaksin COVID-19 untuk seluruh nakes yang ada di Kutai Kartanegara.

Diketahui, vaksin COVID-19 untuk Kukar dikabarkan segera diproses untuk dikirim. Karena vaksin yang juga didistribusikan oleh Bio Farma, sudah ada di Kaltim pada Sabtu (23/1) lalu. (mrf/boy)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply