DPD PDI Perjuangan Kaltim Tanam Pohon Bersama Warga

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Ketum DPP PDIP Dr. (H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri merayakan ulang tahun ke-74. Dalam rangka memeriahkannya, DPD PDI P Kaltim melaksanakan kegiatan Gerakan Penanaman Pohon.

Sebanyak 74 Pohon ditanam pada kegiatan tersebut. Gerakan penanaman pohon ini dilakukan Sabtu (23/1/2021) lalu, di Jalan Giri Rejo, Bendungan Benanga Lempake, Samarinda sekitar pukul 08.00 Wita.

“Bu Mega mencanangkan Gerakan Penghijauan dan Gerakan Membersihkan Sungai yang terdapat di setiap daerah. Gerakan ini dipusatkan di Sungai Ciliwung dengan tema Cinta Ciliwung Bersih, momennya bertepatan dengan perayaan HUT ke-48 PDI Perjuangan, 10 Januari lalu,” ucap Wakabid Komunikasi Politik DPD PDI Perjuangan Kaltim, Priskila Evalianitha Randabunga kepada nomorsatukaltim.com.

Kesadaran politik hijau ini katanya  seiring dengan kepedulian Ketua Umum PDI P, Megawati terhadap lingkungan. Serta menanamkan pemahaman kepada seluruh kader PDI P bahwa politik tidak boleh lagi dipisahkan dengan lingkungan. Sosok Mega sendiri merupakan  teladan di berbagai kehidupan kebangsaan.

“Ajakan beliau untuk kembali mencintai alam dan lingkungan sangat penting untuk diimplementasikan. Tak hanya oleh kader dan simpatisan PDI P melainkan juga oleh seluruh anak bangsa,” sambung Eva, sapaan akrabnya.

Selaras dengan itu, PDI P juga mendukung dan mendorong tren politik hijau. Atau politik yang berorientasi pada lingkungan. Seiring meningkatnya kerusakan terhadap lingkungan hidup.

Terutama ekosistem sungai maupun danau yang berdampak terhadap kehidupan manusia. Seperti; banjir, tanah longsor, pencemaran dan berbagai bentuk kerusakan ekologis lainnya.

Terpisah, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kaltim  Ananda Emira Moeis menuturkan krisis lingkungan yang terjadi saat ini dirasakan semakin memburuk. Persoalan lingkungan tidak terlepas dari politik. Karena menyangkut pembuatan dan pelaksananaan kebijakan.

“Karena itu sangat penting bahwa PDI P sebagai partai poitik maupun anggota legislatif Fraksi PDI P se-Kaltim untuk aware tentang isu lingkungan. Karena nasib lingkungan, khususnya masalah banjir ditentukan oleh pelaksana kebijakan,” tegas Nanda.

Karena itu dia menegaskan PDI P dan seluruh kadernya di Kaltim harus menjadi partai dan insan pelopor politik hijau yang pro lingkungan hidup dan keseimbangan alam.

Termasuk berbuat nyata di kancah politik Indonesia. Dengan cara mendorong pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan umum.

“Hak publik atas tanah, air dan udara harus dipenuhi oleh pemerintah secara adil dan bertanggung jawab,” tambah Nanda yang juga penanggung jawab kegiatan.

Selain itu koordinasi antar  komponen dalam kesadaran masyarakat dan penegakan hukum atas segenap pelanggaran lingkungan hidup, serta penyediaan air bersih, pemeliharaan hutan , daerah resapan air, juga menjaga kebersihan pantai dan sungai  serta pengelolaan limbah secara integratif.

“Selamat ulang tahun untuk Bu Mega, semoga diberkahi panjang umur dan kesehatan. Terima kasih atas segala arahan ibu kepada kami untu senantiasa membumi dan bekerja dengan nilai-nilai kemanusiaan,” pungkasnya.

Kegiatan turut dihadiri sejumlah pengurus partai. Mulai dari Ketua Panitia Edi Kurniawan, Pengurus DPD PDI Perjuangan Kaltim, Anggota Fraksi DPRD Kaltim dan Samarinda,  Pengurus DPC, PAC se-Samarinda serta ranting Samarinda Utara. T

ermasuk Ketua RT 39, 38 dan 41 Kelurahan Lempake, Samarinda Utara. Dan Baguna (Badan Penanggulangan Bencana). (adv/boy2)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply