Dorong Pemkab Selesaikan Batas Wilayah

TANJUNG SELOR, DISWAY – Batas wilayah Bulungan-Berau yang tak kunjung tuntas, mendapat perhatian serius Ketua DPRD Bulungan, KIlat Bilung. Dirinya pun meminta Pemkab Bulungan kembali menjadikan penyelesaian batas wilayah itu sebagai prioritas.

Karena menurut Kilat, banyak lahan pertanian warga yang ada di sekitar perbatasan Bulungan-Berau, justru bergeser hingga membuat ladang milik masyarakat masuk wilayah Berau.

“Kami sudah sampaikan, agar bisa segera selesai soal batas wilayah ini. Karena ini menyangkut keberlangsungan masyarakat. Mereka jadi tidak bisa melakukan pengurusan surat hak kepemilikan, karena lahan mereka ada di wilayah Berau. Padahal, semestinya masuk wilayah Bulungan,” ujar Kilat Bilung, Senin (25/1).

“Kami minta pemerintah daerah bisa memprioritaskan penyelesaian tapal batas ini. Apalagi payung hukum, yakni Perda RTRW Bulungan juga sudah disahkan,” lanjutnya.

Diakuinya jika persoalan penyelesaian batas wilayah Bulungan-Berau berada di provinsi dan Kementerian Dalam Negeri. Namun, kata Kilat, Pemkab Bulungan dapat mendorong pemerintah provinsi untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Jika memang ada kemauan.

“Kita bisa buktikan dengan surat-surat batas wilayah sejak era Belanda sampai kemerdekaan. Lalu ditambah lagi dengan banyaknya penduduk atau lahan warga Bulungan yang masuk wilayah Berau. Ini bisa jadi kekuatan untuk berargumentasi di kementerian,” ujarnya.

“Kami harap tahun 2021, bupati terpilih bisa menuntaskan persoalan ini. Karena sudah terlalu lama. Kami juga akan kawal terus,” sambung Kilat Bilung. ADV/*/ZUH/REI

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply