6.100 Nakes di Balikpapan Segera Divaksinasi

Namun tidak semua nakes yang terdaftar bisa melakukan vaksinasi. Lantaran ada pengecualian bagi nakes yang tidak memenuhi syarat vaksinasi.

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sedikitnya ada 12.200 vaksin Sinovac tahap 1 termin II jatah Balikpapan yang tiba di UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan, di Mekar Sari, Balikpapan Tengah, Senin (25/1/2021).

Vaksin Sinovac itu datang bersama alat suntik, beserta sejumlah alat pendukung lainnya dalam bentuk boks yang langsung diamankan dalam ruang pendingin khusus penyimpanan vaksin. Di dalam ruangan itu juga sudah tersedia sekitar 8 chiller bersuhu antara 5 sampai 8 derajat celcius.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut vaksin itu diperuntukkan sekitar 6.100 tenaga kesehatan (nakes) yang sudah mendaftarkan dirinya melalui aplikasi khusus. “Itu untuk satu orang dua kali (dua dosis) jeda 14 hari,” ujarnya.

Ia menyebut, vaksin yang dikirimkan dari Diskes Pemprov Kaltim akan segera didistribusikan kepada 47 fasilitas kesehatan (faskes). Yang terdiri dari rumah sakit, puskesmas, dan sejumlah klinik-klinik yang tersebar di Balikpapan. “Ini harus selesai (habis) dalam waktu 14 hari,” katanya.

Ia menjelaskan, tidak semua nakes yang terdaftar bisa melakukan vaksinasi. Lantaran ada pengecualian bagi nakes yang tidak sesuai syarat vaksinasi. Mislanya sedang hamil, atau memiliki penyakit penyerta seperti auto imun, hipertensi atau darah tinggi, serta diabetes. “Ya ditunda. Kan nanti ada tahap berikutnya,” terangnya.

Sementara itu, satgas juga sudah menjadwalkan vaksinasi Sinovac anti COVID-19, per Jumat (29/1/2021), mendatang.

Rencananya, ada 10 tokoh masyarakat terdiri dari para dokter, pejabat di lingkungan pemkot dan lainnya. Mereka akan divaksinasi lebih dulu, bersama sekitar dua ribu nakes yang terdaftar. Secara seremonial, vaksinasi akan dilakukan di halaman Pemkot Balikpapan, pukul 08.00 Wita. (ryn/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply