Mayoritas Penyakit Penyerta

TANJUNG SELOR, DISWAY – Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltara, terus bertambah. Termasuk pasien COVID-19 yang meninggal dunia pun, bertambah dua orang pada Minggu (24/1). Yakni di Nunukan dan Bulungan.

Dengan demikian, pasien COVID-19 yang meninggal dunia sebanyak 87 orang. Tarakan 50 orang, Bulungan sebanyak 24 orang, Nunukan 11 orang, Malinau 1 orang, dan Tanah Tidung 1 orang.

Pasien COVID-19 yang meninggal dunia itu, kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy, didominasi pasien yang memiliki penyakit penyerta. Baik itu gangguan pernapasan, diabetes, hingga penyakit jantung.

Angka kematian COVID-19 di Kaltara, lanjut Agust, 1,3 persen dari jumlah pasien terkonfirmasi. Meskipun persentasenya kecil, ia menekankan agar menjadi perhatian masyarakat. Terutama di daerah yang jumlah penyebaran virus Corona tinggi. Seperti Tarakan, Nunukan, dan Bulungan.

Sementara itu, Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Bulungan, Heriyadi Suranta mengatakan, pasien berinisial S (61) meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan. Pasien berjenis kelamin laki-laki itu, meninggal usai menjalani perawatan sejak 29 Desember 2020.

“Pasien meninggal dengan penyakit penyerta hipertensi, ini sekaligus menambah daftar kasus meninggal di Bulungan. Total hingga saat ini ada 24 jiwa meninggal,” ujar Heriyadi Suranta.

Disebutkan, saat ini sebaran virus Corona di Bulungan telah merata di 10 kecamatan. Kecamatan Tanjung Palas Timur yang sebelumnya nol kasus, saat ini sudah ada satu kasus. Penyumbang kasus terbanyak di Bulungan masih dari Kecamatan Tanjung Selor, yakni 125 kasus. Dari total 991 kasus terkonfirmasi.

“Penyebaran semakin meluas. Jadi, perlu diantisipasi. Tentunya dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Hingga kemarin, terkonfirmasi COVID-19 se-Kaltara mencapai 6.502 kasus, dan 4.055 sembuh, serta 2.360 masih menjalani perawatan. */ZUH/REI

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply