Nyeri Bahu setelah Suntik Vaksin, Begini Cara Mencegahnya

JAKARTA, nomorsatukaltim.com – Vaksinasi telah diketahui menimbulkan efek samping ringan. Salah satunya adalah rasa nyeri pada area sekitar bahu setelah mendapatkan suntikan vaksin.

Dilansir dari CNN Indonesia, banyak orang melaporkan rasa nyeri pasca-vaksinasi pada otot di bagian luar bahu, akibat suntikan yang ditempatkan langsung ke jaringan otot. Pada kondisi normal, rasa nyeri umumnya hilang dalam satu atau dua hari.

Umumnya, penanganan dengan kompres es, obat anti-inflamasi, dan istirahat selama satu-dua hari bisa membantu meredakan gejala. Namun, jika rasa nyeri terus berlanjut selama lebih dari dua hari, Anda harus waspada.

Nyeri pada area sekitar bahu pasca-vaksinasi bisa menjadi masalah kronis yang dikenal dengan istilah cedera bahu pasca-vaksinasi (SIRVA). Pada orang dengan kondisi tersebut, nyeri bahu bisa berlangsung lama dan melemahkan.

Mengutip Very Well Health, SIRVA didefinisikan sebagai kondisi yang terjadi akibat penyuntikan vaksin yang salah ke dalam sendi bahu, bukan ke jaringan otot. Saat vaksin disuntikkan ke dalam jaringan sendi, imun akan merespons dan menyebabkan peradangan.

Gejala SIRVA sendiri meliputi:
– nyeri sekitar bahu yang parah pasca-vaksinasi
– mobilitas sendi bahu yang terbatas

Orang yang didiagnosis dengan SIRVA akan membaik dengan perawatan yang ditargetkan untuk mengendalikan peradangan seperti obat oral dan suntikan kortison. Kendati demikian, bukan berarti vaksinasi tak aman untuk dilakukan. SIRVA tidak disebabkan oleh bahan-bahan yang terkandung dalam vaksin, melainkan karena penempatan jarum yang tidak tepat saat penyuntikan.

Cara Mencegah Nyeri Kronis pada Bahu Pasca-Vaksinasi

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk terhindar dari SIRVA setelah vaksinasi. Berikut beberapa caranya.

1. Pastikan proses vaksinasi dilakukan oleh vaksinator terlatih.
2. Kenakan pakaian lengan pendek yang mudah ditarik ke atas hingga membuka atau memperlihatkan bagian bahu. Jangan menggunakan pakaian lengan panjang yang membuat Anda harus memerosotkan bagian pakaian dan hanya memperlihatkan bagian atas bahu. Penempatan jarum yang terlalu tinggi di lengan dapat menyebabkan penyuntikan yang salah ke dalam sendi bahu.

Segera berkonsultasi dengan dokter jika rasa nyeri pada sekitar area bahu pasca-vaksinasi berlangsung lama atau lebih dari dua hari. (zul/cnn)

Artikel ini telah terbit di CNN Indonesia dengan judul Cara Mencegah Nyeri Bahu Setelah Suntik Vaksin

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply