Vaksin COVID-19 Tahap Kedua Tiba di Balikpapan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sebanyak 17 koli vaksin COVID-19 yaitu Sinovac milik Biofarma tiba di terminal cargo Badara SAMS Sepinggan Balikpapan pada Sabtu (23/1/2021) sekitar pukul 19.30 Wita.

Vaksin COVID-19 yang berjumlah 32.600 dosis ini merupakan jatah Kaltim yang masuk dalam termin pertama tahap kedua. Dimana seluruh vaksin ini nantinya akan disebar ke daerah diluar Kota Samarinda dan Kutai Kartanegara yang lebih dulu sudah menerima.

Kedatangan vaksin COVID-19 di Balikpapan diterima langsung oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, serta BPOM Kaltim.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Setyo B Basuki mengatakan vaksin ini lebih dulu dibawa ke Kota Samarinda dan disimpan di gudang obat milik Diskes Provinsi sebelum di distribusikan dalam waktu dekat ini.

Vaksin COVID-19 Tahap Kedua Tiba di Balikpapan

(Foto Andrie/Nomor Satu Kaltim)

“Sesuai prosedur kita harus amankan dulu di Provinsi. Kemudian kita siapkan dokumen dan lain sebagainya untuk proses distribusi,” ujarnya, Sabtu (23/1/2021).

Lanjut Basuki, untuk pendistribusian ke Kabupaten dan Kota, selain Samarinda dan Kukar akan dilakukan secepatnya.

“Mudahan hari Senin nanti kita sudah lakukan pendistribusian ke delapan daerah ya,” jelasnya.

Disinggung mengenai jatah Kota Balikpapan, Basuki menyatakan jika Kota Balikpapan telah mendapatkan tambahan kuota vaksin. Dari yang sebelumnya hanya 11.560 dosis nantinya mendapat tambahan sebanyak 640 dosis, sehingga total vaksin yang didapat Kota Balikpapan sebanyak 12.200 dosis.

“Ia, Balikpapan mendapatkan tambahan vaksin sesuai surat Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Totalnya jadi 12.200 dosis dari 32.600 dosis yang yang datang ini,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan memang pada Jumat (22/1/2021) malam Diskes Kota Balikpapan mendapat surat dari Diskes Provinsi yang menyebutkan telah mendapat tambahan kuota vaksin COVID-19.

“Kita bersyukur mendapat tambahan ya. Jadi kita akan memvaksin nakes yang berjumlah 6.068 orang dan 10 tokoh dari total 12.200 dosis itu,” ujarnya.

Andi Sri Juliarty menambahkan, pelaksanaan vaksin sendiri akan langsung dilakukan begitu jatah Kota Balikpapan tiba pada Senin (25/1/2021) nanti.

“Kita sudah siapkan 47 fasilitas penyuntikan. Ada rumah sakit, puskesmas dan klinik milik TNI-Polri,” jelasnya.

Sekitar pukul 10.20 Wita vaksin yang dimuat kedalam truk berpendingin pun langsung berangkat ke Kota Samarinda dengan pengawalan yang ketat dari aparat kepolisian Polda Kaltim. (Bom/sam)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply