BC Gerak Cepat

Terjunkan Bantuan Kemanusiaan ke Sulbar

GEMPA bumi di Kabupaten Mamuju, dan Majene berkekuatan 6.2 magnitudo pada 14-15 Januari, mengakibatkan kerusakan yang besar, serta korban jiwa. PT Berau Coal, bagian dari pilar bisnis Sinar Mas, bergerak cepat menerjukan bantuan.

Itu dilakukan, setelah berkoordinasi dengan Tim Siaga Bencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dengan mengirimkan Tim Tanggap Darurat atau Emergency Response Group (ERG) menuju lokasi terdampak di Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (16/1) lalu.

Dalam menjalankan misi kemanusiaan Sinar Mas Berau Coal Peduli, ERG PT Berau Coal berangkat ke lokasi terdampak dengan jumlah tim sebanyak lima orang yang dipimpin ERG Manager PT Berau Coal, Andy Henry Achmad. Tim ini juga telah beberapa kali menjalankan misi kemanusiaan saat bencana di Palu, Samarinda dan terakhir di Banten.

“Kami mohon doa, agar operasional kami dapat berjalan lancar, dan kami dapat pulang dengan sehat dan selamat,” pungkasnya sebelum take off menuju Makassar.

Setelah tiba di Makassar, ERG PT Berau Coal langsung mencoba menembus akses menuju Kabupaten Mamuju, dan sampai di Posko setempat pada Minggu (17/1).

Kepala Inspektur Tambang (KAIT) Kementerian ESDM menunjuk Andi Henry Achmad sebagai On Scene Commander atau Koordinator Rescue untuk Tim Siaga Bencana Kementerian ESDM, yang terdiri dari beberapa perusahaan bergerak di bidang pertambangan, serta energi selama beroperasi di Sulawesi Barat.

Akibat gempa yang terjadi, banyak korban jiwa, luka-luka dan mengalami depresi akibat trauma. ERG PT Berau Coal bersama Tim Siaga Bencana Kementerian ESDM membuka pelayanan kesehatan untuk mengobati para korban yang terdampak di Desa Tapan Dulu Utara, Desa Tapan Dulu Selatan, Kampung Baru dan Kampung Babalalang di Kecamatan Simboro.

“Cukup banyak warga yang mengalami luka-luka, sehingga pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan agar korban segera ditangani. PT Berau Coal bersama tim lainnya membuka pelayanan kesehatan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pengobatan dan pelayanan medis,” jelas Andi.

Selain itu, ERG PT Berau Coal melakukan pendataan kebutuhan-kebutuhan dari warga yang terdampak serta membantu proses mobilisasi unit alat berat dari Tim Siaga Bencana Kementerian ESDM, untuk membuka akses di area-area terdampak yang belum dapat dijangkau.

Dalam misi kemanusiaan ini, Sinar Mas Berau Coal Peduli juga akan menyalurkan bantuan logistik berupa sembako, bantuan pembuatan toilet umum, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan oleh warga.*/APP

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply