Bangkit dengan CHSE

TANJUNG REDEB, DISWAY – Empat tempat wisata di Berau telah mengantongi sertifikat CHSE. Sesuai program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sertifikat itu akan membangkitkan pariwisata Berau. Sebab ada jaminan bagi wisatawan. Karena terjamin soal cleanliness, health, safety, environment sustainability. Yaitu kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Masrani, sertifikat CHSE diterima dua resort di Maratua, satu jasa selam dan Danau Dua Rasa atau Labuan Cermin.

Dijelaskan, sertifikasi CHSE adalah pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, dan produk pariwisata. “Di masa pandemik COVID-19, harus jelas. Harus terjamin,” ujarnya,” Kamis (21/1). Bukan saja saat pandemik, program ini akan terus berjalan.

Masrani menyebut, di Indonesia semua provinsi telah tercatat beberapa daerah yang memenuhi CHSE. Namun, tidak semua kabupaten/kota mendapatkannya.

“Usaha pariwisata yang terverifikasi ada 5.710 bidang usaha. Untuk kota/kabupaten ada 348. Termasuk Berau,” ungkapnya.

Dia berharap agar seluruh pemilik resort dan pelaku usaha mendapatkan sertifikasi itu. “Pengurusan di 2020 gratis. Belum ada informasi tahun ini, apakah tetap gratis atau tidak,” tandasnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply