Vaksin Gelombang Kedua, Balikpapan Kebagian 11.560 Dosis

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengumumkan Kaltim akan kedatangan 31.500 dosis vaksin COVID-19, Sabtu (23/1/2021).

“Besok pagi (hari ini), dengan pesawat Garuda, vaksin kedua akan datang,” ujarnya, dalam rilis Satgas COVID-19 Balikpapan, di Masjid Islamic Center Balikpapan, Jumat (22/1) kemarin.

Balikpapan akan kebagian 11.560 dosis vaksin yang diperuntukkan 5.759 orang tenaga kesehatan (nakes). Hanya saja, begitu mendarat di Balikpapan, vaksin akan dikirim ke Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim di Samarinda terlebih dahulu. “Tanggal berapa vaksinasinya nanti kita tunggu petunjuknya,” ucap Rizal.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, data terbaru nakes yang mendaftarkan diri mengikuti vaksinasi berjumlah 6.167 orang. “Tapi ada 668 orang yang datanya belum lengkap,” ujarnya.

Dokter Dio, sapaannya, juga menyebut tidak semua nakes bisa mengikuti vaksinasi. Karena ada sejumlah syarat dan proses verifikasi data nakes.

Misalnya nakes yang mengidap penyakit auto imun, hipertensi berat dan diabetes, tidak diperkenankan mengikuti vaksinasi. Pemberitahuan vaksinasi juga akan dipastikan melalui SMS dari Kementerian Kesehatan.

“Kementerian Kesehatan akan memverifikasi bersama BPJS Kesehatan. Karena data kesehatan kita kan ada di BPJS,” urainya.

Nanti pada saat akan divaksinasi, para nakes juga akan diperiksa kesehatannya sekali lagi. Jadi misalnya riwayat diabetes seseorang belum masuk dalam data BPJS, tapi setelah diperiksa ada gejala diabetes. Maka proses vaksinasi akan ditunda. “Diobati dulu. Baru masuk lagi (vaksinasi) di tahap berikutnya,” imbuhnya. (ryn/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply