Solidaritas Kemanusiaan Guru Balikpapan, Kumpulkan Donasi Hingga Rp 500 Juta

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Keluarga besar guru di Balikpapan berhasil mengumpulkan donasi senilai Rp 506.255.000. Donasi itu terkumpul dari sumbangan 3 ribu guru se-Balikpapan yang peduli terhadap kondisi korban bencana alam di dua lokasi, yakni banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan gempa di Sulawesi Barat (Sulbar).

Bantuan tersebut diinisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan dan diserahkan penyalurannya melalui jaringan Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan.

“Kita harapkan bantuan dari kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan SD, SMP, kemudian TK, PAUD, bisa bermanfaat bagi saudara kita di Sulbar dan Kalsel,” ujar Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin, usai menyerahkan bantuan, di hadapan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Jumat (22/1/2021).

Jumlah nominal bantuan kemanusiaan yang digalang para guru se-Balikpapan itu, merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat waktu penggalangan dana cukup singkat, hanya dua hari.

“Hari kamis (donasi) sudah diserahkan ke Disdikbud, dan hari ini kita salurkan karena memang pak wali menunjuk PMI sebagai pengumpul donasi yang resmi. Target kita sebenarnya tidak besar,” katanya.

Ia menyebut saat ini ada juga sekolah-sekolah di Balikpapan yang bergerak sendiri untuk menyalurkan bantuan serupa.

“Jadi sekolah swasta yang besar itu mereka menyerahkan bantuan sendiri. Misalnya KPS dan Global Islamic School, Sekolah Harapan Bangsa,” ungkapnya. (ryn/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply