Buka 7 Posko Penggalangan Dana, KKMSB Kumpulkan Rp 81 Juta

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Setelah sepekan membuka penggalangan dana untuk membantu korban bencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) dan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Balikpapan berhasil mengumpulkan Rp 81 juta dan sejumlah kebutuhan pokok di posko penggalangan.

Saat ini KKMSB membuka 7 Posko penggalangan dana yang tersebar di enam Kecamatan di Balikpapan. Di Kecamatan Balikpapan Timur, KKMSB membuka dua Posko.

“Penggalangan dana rencananya dibuka sampai 4 Februari 2021,” kata Ketua I KKMSB Balikpapan Irfan Taufik, pada Jumat (22/1/2021).

Menurutnya, dari penggalangan dana yang terkumpul. Bukan hanya uang tetapi juga beberapa barang serta bahan makanan.

“Alhamdulillah sampai saat ini kita buka di 15 Januari sampai hari ini (22/1/2021), kita sudah mengumpulkan dana sekitar 81-an sekian juta dan beberapa barang serta bahan makanan,” tukasnya.

Penggalangan dana juga dilakukan KKMSB di seluruh kota dan kabupaten di Kaltim dan dikumpulkan di Balikpapan. Rencananya akan dikirim menggunakan kapal laut milik Ketua KKMSB Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

“Tadi kami melapor ke Ketua KKMSB bahwa KKMSB kabupaten kota lain di Kaltim akan ikut serta menggalang dana dan seluruh bantuan itu nanti dipusatkan di Balikpapan,” sebutnya.

Selanjutnya transportasi logistik melalui laut dan pengantaran seluruh bantuan baik dari KKSMB Samarinda, Sangatta, Bontang, Penajam dan Berau akan dikumpulkan.

“Insyaallah awal Februari kita akan mengantar seluruh bantuan baik dari KKSMB Samarinda, Sangata, Bontang, Penajam dan Berau,” ujar Sekretaris Persiba Balikpapan itu.

Bantuan yang nantinya terkumpul, kata dia, juga untuk warga Kalimantan Selatan yang menjadi korban banjir.

“Sebagian juga ada yang kita kumpulkan dikirim ke Kalsel juga melalui kawan-kawan yang memang secara langsung mengantar ke Kalsel mengantarkan baik laut darat maupun laut,” imbuhnya.

Sementara itu, Pramuka Kwarcab Balikpapan juga baru saja memberangkatkan bantuan ke lokasi bencana banjir Kalimantan Selatan, setelah seminggu membuka posko bantuan. Hal ini dikatakan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi para pembina, dan pengurus pramuka Kwarcab di halaman kantor sekretariat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Kwarcab Balikpapan yang juga Wakil Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengapresiasi, Pramuka Kwarcab Balikpapan yang ikut peduli terhadap warga yang tertimpa musibah banjir di Kalsel dengan menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para donatur khususnya kwarcab Balikpapan yang sudah melakukan penggalangan dana, sembako dan pakaian bagi korban banjir di Kalsel,” kata Rahmad Mas’ud kepada media usai pelepasan pengiriman bantuan di kawasan Gunung Pasir, Balikpapan Kota.

Rahmad menambahkan, dalam kesempatan tersebut ada satu truk bantuan yang membawa sembako, pakaian dan obat-obatan untuk nantinya melalui jalur darat ke Kalsel, tapi terlebih dahulu akan mampir ke Penajam Paser Utara (PPU), informasinya kwarcab PPU juga mengirim bantuan dua truk.

“Mudahan-mudahan bantuan ini bisa meringankan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah banjir di Kalsel,” harapnya.

Ke depan, posko penggalangan bantuan di sekretariat Pramuka Kwarcab Balikpapan akan tetap dibuka hingga 31 Januari, yang rencananya jika sudah terkumpul akan kembali menyalurkan bantuan bagi korban gempa bumi di Sulawesi Barat. (fey/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply