Pemkot Balikpapan Donasikan Rp 2 Miliar, untuk Korban Bencana Alam Kalsel dan Sulbar

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pemkot Balikpapan akan menyumbang Rp 2 miliar untuk korban bencana alam banjir di Kalsel dan gempa di Sulbar. Masing-masing daerah mendapat jatah Rp 1 miliar.

Anggaran yang digelontorkan untuk bantuan tersebut berasal dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) tahun 2021. “Atau nanti dari anggaran Silpa 2020,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kamis (21/1/2021).

Secara resminya anggaran itu akan disusun dan disesuaikan, dalam proyeksi penggunaan anggaran APBD 2021. “Apakah nanti dimasukkan dalam APBD Perubahan atau menggunakan dana tidak terduga itu,” terangnya.

Ia menyebut, usulan kemungkinan penggunaan anggaran Silpa atau pengeluaran sebelum APBD Perubahan 2021 sebelum masanya itu bisa saja dilakukan.

Namun secara pastinya masih menunggu proses penyesuaian dengan melibatkan DPRD Balikpapan. “Oleh karena itu ini lagi dibahas. Perlu persetujuan dari DPRD Balikpapan. Masih dibahas oleh Pak Sekda (Sayid MN Fadly),” katanya.

Selain memberikan bantuan dana segar, pemkot juga membuka kesempatan bagi warga Balikpapan untuk memberikan bantuannya melalui Posko Peduli Bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan.

“Secara resmi kami buka (dikelola) lewat PMI. Bisa lewat wali kota nanti kami undang PMI,” katanya.

Sejauh ini, sudah ada pihak yang menyumbang. Yakni, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Balikpapan, dengan total sumbangan Rp 15 juta.

“Besok (hari ini) kalau tidak ada perubahan, ada bantuan dari keluarga besar guru sebesar Rp 500 juta lebih. Sementara dari pemkot sudah dibahas melalui Pak Sekda, panitia anggaran,” imbuhnya. (ryn/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply