Liga 1 dan 2 Resmi Dihentikan!

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Akhirnya, PSSI dan PT LIB membuat keputusan final soal kelanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020. Kompetisi musim 2020 resmi dibatalkan. Alias tidak akan dilanjutkan. Hal ini menjadi keputusan dalam rapat Exco PSSI yang diselenggarakan pada Rabu 20 Januari sore. Bersama pula beberapa keputusan pengiringnya.

Dalam rapat Exco PSSI tersebut. Ada beberapa keputusan penting yang diambil induk sepak bola Indonesia itu. Yang tentu menjadi kelegaan tersendiri bagi klub-klub kontestan.

Keputusan pertama adalah Liga 1 dan 2 musim 2020 resmi dibatalkan. Pembatalan ini disebabkan oleh kondisi force majeure. Yang disebabkan pandemi COVID-19 di Indonesia. Kedua, tidak ada juara dan degradasi. Artinya klasemen Liga 1 yang berlangsung 3 pekan. Serta Liga 2 yang baru berjalan satu pekan tidak dianggap.

Ketiga, kontestan Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah klub yang sama dengan musim sebelumnya. Yakni musim 2020. Tanpa ada pergantian satu klub pun.

Yang terakhir dan terpenting. Kontrak pemain akan dikembalikan pada kebijakan klub masing-masing. Juga disesuaikan dengan situasi darurat alias force majeure ini.

Menurut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Keputusan Exco PSSI ini didasari oleh masukan klub Liga 1 dan 2. Seperti yang ditampung oleh PT LIB pada pertemuan pemegang saham klub Liga 1 pada 15 Januari lalu.

”Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasanya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata Iriawan.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita mengatakan. Sebelum keputusan Exco PSSI ini, PT LIB sudah melakukan komunikasi dengan klub-klub Liga 1 dan 2 melalui virtual meeting.

”PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan. Termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait,” imbuhnya.

Terpisah, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menambahkan dalam virtual meeting itu, klub Liga 1 dan 2 rata-rata menginginkan kompetisi musim 2020 dibatalkan. Maka keputusan ini sudah sejalan dengan keinginan semua pihak.

”Kesimpulannya klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru. Mereka menginginkan musim 2020 dibatalkan dan musim 2021 dimulai. Demikian pula dengan mayoritas klub Liga 2 sepakat agar kompetisi musim 2020 dibatalkan,” ujar Sudjarno.

Selanjutnya, klub-klub Liga 1 dan 2 akan melakukan penyesuaian terhadap keputusan ini. Sembari mempersiapkan tim untuk musim baru. Seluruh klub menuntut PSSI dan PT LIB untuk menyiapkan kompetisi musim 2021 dengan lebih baik. Dalam artian, sebelum diumumkan akan dimulai. Mereka harus lebih dulu mengantungi izin dari kepolisian. Agar tidak menjadi kendala di kemudian hari lagi. (fdl/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply