alexa
disway ntt malang

Kukar Kedatangan Alat Aferesis untuk Terapi Pasien COVID-19

Kukar, nomorsatukaltim.com – Kukar terus menambah amunisi  melawan pandemi COVID-19. Setelah memiliki alat penguji COVID-19, yakni Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Kini pemkab mendatangkan alat baru. Namanya Aferesis.

Aferesis merupakan alat untuk donor darah. Tapi ini dikhususkan sebagai terapi penyembuhan penderita COVID-19. Dengan gejala yang berat. Alat Aferesis ini mampu menyaring darah pendonor. Seperti plasma darah, sel darah putih dan sel darah merah. Serta menyaring darah yang dianggap merupakan sumber penyakit.

“Ya ini alatnya sudah ada,” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Martina Yulianti.

Cara kerjanya dengan menggunakan plasma darah eks penderita COVID-19 yang telah sembuh. Setelah diambil dan diolah, kemudian diberikan kepada pasien yang sedang menjalani perawatan. Untuk saat ini, Kukar sedang mempersiapkan proses pelatihan dan pelaksanaannya. Serta mempersiapkan perekrutan pendonor atau disebut juga penyintas.

Yang menjadi penyintas harus memenuhi persyaratan. Seperti sudah pernah terkena atau terpapar COVID-19 juga tidak sedang hamil. Usianya dari 18-60 tahun dan kadarnya plasmanya juga harus diukur.

Dijelaskan Martina, alat Aferesis merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang datang belum lama ini.

“Alat ini salah satu terapi, terapi lain masih banyak,” pungkas Martina.

Awalnya alat yang akan dioperasikan di RSUD AM Parikesit Kukar ini, akan dianggarkan dan menggunakan Dana Insentif Daerah (DID). Senilai Rp 8 miliar dari pemerintah pusat. Namun urung terjadi, karena mendapatkannya dari Kemenkes. (mrf/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply