Peningkatan Kasus Makin Tinggi

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Meski tahap vaksinasi COVID-19 sudah dimulai. Penyebaran kasus konfirmasi positif masih terjadi. Kondisinya, bahkan semakin mengkhawatirkan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Kaltim. Kini, seluruh kabupaten/kota di wilayah ini dalam kondisi zona merah. Artinya, penyebaran virus Corona sudah semakin menyebar luas. Total orang terkonfirmasih positif COVID-19 pun meningkat signifikan.

Hingga kini, total kasus tercatat sudah mencapai 32.588. Sebanyak 26.486 orang diantarnya dinyatakan sembuh. Artinya, masih ada 6 ribu lebih pasien yang sedang ditangani. Dari jumlah itu, tercatat 5.250 pasien yang menjalani perawatan. Sementara, pasien meninggal karena virus ini sudah mencapai 852 orang.

Jumlah penambahan angka konfirmasi positif pun memasuki rekor tertinggi. Pada Jumat (15/1/2021), angka konfirmasi positif sebanyak 598 kasus. Penambahan kasus itu, terjadi hampir merata di seluruh daerah. Dengan kontribusi kasus terbesar, berada di wilayah Balikpapan, Kutai Kartanegara, dan Kutai Barat.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Kaltim, Setyo Budi Basuki menyatakan. Tingginya penambahan orang terkonfirmasi positif ini, masih disebabkan oleh dampak libur panjang natal dan tahun baru.

Tingginya peningkatan di Kaltim ini. Membuat Kaltim masuk ke dalam 10 besar daerah dengan penyebaran COVID-19 tertinggi secara nasional.

“Kaltim urutan ke-6 secara jumlah, dan urutan ke-2 secara positivity rate,” ungkap Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. Saat membuka agenda Pencanangan Vaksin Perdana, di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (14/1/2020) kemarin.

Ia pun berharap dengan program vaksinasi dari pemerintah. Dapat menekan dan menanggulangi laju penyebaran virus. Sembari tetap memperkuat sistem 3T yakni testing, tracing, dan treatment. Didukung pula, dengan penerapan protokol kesehatan 3M secara ketat kepada masyarakat. Memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. (Krv/sam)

Data update COVID-19 Kaltim
Jumat (15/1)

Tambahan : 598
Berau: 44
Bontang: 27
Samarinda: 44
Balikpapan: 167
Kubar: 77
Kutim: 63
Paser: 9
Kukar: 99
PPU: 35
Mahulu: 33

Total Terkonfirmasi : 32.588
Sembuh: 26.486
Dirawat: 5.250
Meninggal: 852

Sumber: Diskesprov Kaltim

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply