Museum Mulawaran Harus Dibenahi, Komisi 4: Ikuti Teknologi

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pengelolaan Museum Mulawarman di Tenggarong dianggap gitu-gitu saja. Tidak mengikuti perkembangan teknologi. Komisi IV DPRD Kaltim melontarkan hal itu. Saat berkunjung ke museum, Rabu (13/1/2021).

Ketua komisi IV DPRD Kaltim rusman Yaqub diantara yang keras mengkritik.

“Harus ada perbaikan tata kelola Museum Mulawarman,” ungkapnya disela-sela kunjungan kemarin.

Rusman mengatakan perlunya bangunan penunjang museum sebagai destinasi pariwisata. Gedung teater mini misalnya. Nanti bakal menampilkan penjelasan dan edukasi bagi pengunjung. Mulai dari sejarah dan perkembangan kerajaan tertua di Indonesia.

Pengenalan seni dan budaya juga turut didorong politisi PPP ini. Perlu ada pementasan seni dan kebudayaan. Targetnya menarik wisatawan ke Kukar. Disamping memperkenalkan budaya Kaltim dan Kukar ke kalangan milenial.

“Banyak (potensi) yang sebenarnya bisa kita buat. Tidak hanya menjaga memelihara nilai-nilai benda bersejarah saja,” lanjut Rusman.

Tentu Pemprov Kaltim selaku pengelola tidak bisa bekerja sendiri. Perlu adanya kerjasama dengan kelompok seni. Ini bisa menjadi simbiosis mutualisme. Pengembangan pariwisata jalan, pelaku seni budayanya juga bisa mendapatkan pendapatan

. “Disamping mencoba memodernisasikan promosinya, melalui digitalisasi. Namun harus ada sumber dayanya disiapkan,” pungkas Rusman. (mrf/boy)

 

Leave A Reply