Kutim Anggarkan Rp 36 M di APBD untuk Penanganan Pandemi

Kutim, nomorsatukaltim.com – APBD 2021 Kutim menyiapkan dana belanja tak terduga (BTT). Besarannya mencapai Rp 36 Miliar. Duit sebanyak itu bakal banyak dipakai guna penanganan COVID-19.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutim, Irawansyah mengatakan penanganan COVID-19 tetap jadi prioritas. Sementara sisanya akan dipakai untuk antisipasi bencana lainnya. Itu jika ada bencana yang terjadi sepanjang tahun.

“Ini segera kami bahas. Untuk penggunaan, akan dibuatkan Surat Keputusan oleh Plt Bupati,” ungkap Irawansyah beberapa waktu lalu.

Pemkab selaku eksekutif akan membahas plot anggaran tersebut. Item penggunaan akan dirincikan dengan jelas nantinya. Sehingga dirinya meminta tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa mengusulkan kegiatan.

“Terutama yang berkaitan dengan bencana dan penanganan COVID-19,” bebernya.

Dalam penanganan COVID-19 sendiri, Rp 6 miliar sudah jadi slot tenaga kesehatan. Untuk membayar insentif perawatan pasien COVID-19 dan tunjangan. Otomatis masih sisa Rp 30 miliar yang belum diplot pemakaiannya.

“Mungkin bisa terkait dengan dampak ekonomi dan sebagainya. Tergantung usulan dan kami bahas lagi,” bebernya.

Sementara itu Plt Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, merespon baik informasi tersebut. Ia pun sepakat untuk segera membahas item anggaran tersebut. Tentunya harus melalui mekanisme dan sesuai skala prioritas selama satu tahun ke depan.

“Di APBD, kami sudah  alokasikan anggaran untuk belanja COVID-19 serta lainnya. Perlu dirumuskan bersama terlebihndulu. Tentunya lewat mekanisme dan skala prioritas,” ucapnya. (bct/boy)

Leave A Reply